Yusuf Blog News :
Home » » Dampak Memperolok Penyandang Epilepsi

Dampak Memperolok Penyandang Epilepsi

Written By INSPIRASI on Thursday, March 22, 2012 | 8:02 AM


Penderita epilepsi membutuhkan dukungan moril dari kerabat terdekat. Pasalnya, kewajibannya patuh terhadap konsumsi obat antiepilepsi selama bertahun-tahun dan stigma negatif dari masyarakat memicu stres dan memperparah keadaannya.

Stres merupakan salah satu penyebab penderita epilepsi mengalami kekambuhan. Stres bahkan terbukti lebih banyak mencetuskan kebangkitan serangan (kekambuhan) dibandingkan aktivitas fisik.

"Dukungan moril dari lingkungan, khususnya keluarga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran untuk patuh dalam pengobatan dan berjuang melawan label negatif dari masyarakat yang menyebutkan bahwa epilepsi adalah penyakit kutukan dan lain-lain, di mana label yang bersifat negatif ini sering kali menjadi faktor pemicu stres yang lebih dominan daripada faktor medis ataupun psikis," kata dr Endang Kustiowati SpS (K) MSi Med, dokter neurologi dari RS Karyadi Semarang dalam rilis yang diterima okezone, Kamis (22/3/2012).

Label sosial negatif inilah yang dapat memperburuk masalah pada penderita epilepsi (PE), contohnya adalah masalah pekerjaan, ataupun stigma negatif masyarakat tentang epilepsi.

Sumber : Okezone.com



Terima kasih untuk berkenan membaca isi blog ini, semoga dapat memberikan manfaat yang berarti bagi perkembangan dunia pendidikan kita. Atas segala kekurangannya saya menyampaikan permohonan maaf dan berkenan kiranya untuk meninggalkan komentar atas isi artikel ini. Salam Hormat untuk semuanya
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger