Yusuf Blog News :
Home » » Debut Timnas Totti

Debut Timnas Totti

Written By INSPIRASI on Monday, October 10, 2011 | 8:00 AM

Tiga belas tahun lalu, tepatnya 10 Oktober 1998, Fransesco Totti menjalani penampilan pertamanya di tim nasional senior Italia. Totti diturunkan saat tim Azzurri menghadapi Swiss di laga kualifikasi Piala Eropa 2000.

Pelatih Italia saat itu, Dino Zoff, memberikan kesempatan pada Totti untuk bermain di pertengahan babak kedua. Di usianya yang baru 22 tahun, ia masuk menggantikan Alessandro Del Piero pada menit ke-70. 

Dalam laga di Udine itu, Italia berhasil mengalahkan Swiss dengan skor 2-0. Ini juga sekaligus kemenangan pertama Totti yang diraih bersama tim nasional.

Kiprah penyerang AS Roma di tim nasional dimulai saat ia berusia 20 tahun. Pada 1996, pelatih Cesare Maldini mengajaknya bergabung untuk memperkuat tim Italia U-21. 

Di debutnya bersama pasukan muda Azzurri, Totti dan kawan-kawan berhasil mempersembahkan gelar juara Piala Eropa U-21. Di final, Italia berhasil mengalahkan Spanyol dengan skor 3-1.

Sedangkan pada debutnya bersama tim senior, pemain kelahiran Roma ini membantu negaranya untuk menembus babak final Piala Eropa 2000. Sayang, Italia gagal meraih gelar setelah dikalahkan Prancis 2-1 di masa perpajangan waktu. Meskipun tak berhasil mendapatkan trofi pertamanya, trequarista Roma ini sukses menyabet gelar pemain terbaik dalam laga final itu.

Raihan tertinggi Totti tercapai saat Piala Dunia 2006 di Jerman. Italia kembali berhadapan dengan Prancis yang juga sukses melangkah ke babak final. Namun, berbeda dengan Piala Eropa 2000, final kali ini menjadi milik Italia. Totti cs berhasil meraih Piala Dunia keempat bagi tim biru langit itu. Laga ini juga sekaligus menandai akhir karir Totti di tim nasional. Dari 1998-2006,Totti sudah bermain dalam 58 pertandingan dan mencetak sembilan gol bagi Italia. 


Terima kasih untuk berkenan membaca isi blog ini, semoga dapat memberikan manfaat yang berarti bagi perkembangan dunia pendidikan kita. Atas segala kekurangannya saya menyampaikan permohonan maaf dan berkenan kiranya untuk meninggalkan komentar atas isi artikel ini. Salam Hormat untuk semuanya
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger