Yusuf Blog News :
Home » , » Studi: Bulan Bantu Stabilkan Planet

Studi: Bulan Bantu Stabilkan Planet

Written By INSPIRASI on Monday, June 27, 2011 | 7:12 AM

Simulasi komputer menunjukkan bahwa sekira 10 persen dari planet-planet memiliki bulan berukuran besar, yang membantu untuk menstabilkan kemiringan planet, demikian ungkap sebuah laporan terbaru.

Seperti yang dikutip dari Scientific American, Senin (27/6/2011), Bulan berfungsi sebagai penyeimbang Bumi. Apabila bulan tidak ada, mungkin posisi Bumi akan goyah. Selain itu, bulan juga berfungsi sebagai alat untuk menstabilkan iklim di Bumi.

Menurut para peneliti, bulan terbentuk dari puing-puing reruntuhan Mars yang mengitari Bumi ketika masih berusia muda. Planet-planet lain di Tata Surya yang tidak memiliki bulan adalah Venue juga Merkurius.

Sekelompok tim peneliti mensimulasikan formasi dari ratusan planet, dan mereka menemukan bahwa hampir separuh darinya memiliki latar belakang yang sama dalam memiliki bulan. Hampir sekira 10 persen dari planet-planet tersebut memiliki bulan besar, jika dibandingkan dengan bulan milik Bumi.

Hasil penelitian ini menyatakan bahwa jika planet seperti Bumi ada cukup banyak jumlahnya, maka mereka akan mendapat keuntungan yang sama, seperti sebagai penyeimbang iklim dan posisi planet.

Penelitian berjudul 'How Common Are Earth-Moon Planetary Systems?' ini dipublikasikan dalam jurnal sains Icarus.

====================================

Terima kasih untuk berkenan membaca isi blog ini, semoga dapat memberikan manfaat yang berarti bagi perkembangan dunia pendidikan kita. Atas segala kekurangannya saya menyampaikan permohonan maaf dan berkenan kiranya untuk meninggalkan komentar atas isi artikel ini. Salam Hormat untuk semuanya
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger