Yusuf Blog News :
Home » , » Pengaktifan gen dorman Streptomyces untuk senyawa antibiotik baru

Pengaktifan gen dorman Streptomyces untuk senyawa antibiotik baru

Written By INSPIRASI on Thursday, June 23, 2011 | 3:14 AM

Streptomyces coelicolormerupakan salah satu bakteri tanah yang genomnya paling dipahami dalam genusnya. Meskipun demikian, analisis komputasi dari genomStreptomyces coelicolormembuat para peneliti terkejut yaitu senyawa antibiotik baru yang dihasilkannya. Bermain dengan bakteri, peneliti di Universitas Groningen, Belanda telah mampu mengaktifkan gen inaktif yang menghasilkan poliketida coelicolor kuning dalam jumlah besar dan senyawa baru dengan aktivitas antimikroba. Senyawa terakhir yang ditemukan oleh para peneliti dari senyawa yang dihasilkan Streptomyces coelicolor, terbukti efektif membunuh strain bakteri-bakteri lainnya, termasuk E-coli.
Untuk menghasilkan antibiotik, para ilmuwan mengidentifikasi segmen-segmenidle genome pada bakteri Streptomyces coelicolor, mengisolasi gen represor yang mengendalikan segmen-segmen tersebut untuk tetap pada keadaan dorman. Gen represor selanjutnya dihapus dari genom dengan maksud untuk mengaktifkan kembali segmen-segmen idle genome yang berpotensi menghasilkan antibiotik. Tim yang dipimpin oleh Eriko Takano, berharap dapat menemukan senyawa yang efektif melawan fungi dan sel kanker pada manusia, sebagai treatment baru untuk penyembuhan penyakit imun dan kanker.
Sumber : http://meionews.com/



Terima kasih untuk berkenan membaca isi blog ini, semoga dapat memberikan manfaat yang berarti bagi perkembangan dunia pendidikan kita. Atas segala kekurangannya saya menyampaikan permohonan maaf dan berkenan kiranya untuk meninggalkan komentar atas isi artikel ini. Salam Hormat untuk semuanya
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger