Yusuf Blog News :
Home » » Kapan saat yang Tepat untuk Makan?

Kapan saat yang Tepat untuk Makan?

Written By INSPIRASI on Friday, June 17, 2011 | 8:03 PM

SINYAL nafsu makan kita memang terkadang tidak bisa dipercaya. Terkadang kita  lapar, padahal sebenarnya itu adalah nafsu atau emosi sesaat untuk makan. Lain kali Anda merasa terdorong untuk makan, ketahui terlebih dahulu apakah rasa lapar itu asli atau tidak.

Bagaimana caranya? Ikuti tips di bawah ini:

1. Kenali rasa lapar yang asli. Kelaparan fisik datang secara bertahap, sedangkan kelaparan emosional muncul tiba-tiba.

2. Perut berbunyi keroncongan. Ketika perut benar-benar kosong, Anda akan merasa hampa dan perut akan terasa sedikit pedih. Nah itulah tanda Anda kelaparan.

3. Kenali penyebab lapar Anda sebenarnya. Rasa lapar yang sebenarnya bisa dituntaskan dengan makanan apa pun. Tapi jika Anda menginginkan makanan tertentu, Anda berarti bukan lapar.

4. Tahan lapar selama 10 menit. Selama itu, lakukan hal lain untuk mengalihkan perhatian. Biasanya, setelah 10 menit, jika itu hanya emosional sesaat, rasa lapar itu akan menghilang.

5. Minum air putih. Banyak orang yang kebingungan membedakan rasa lapar dengan haus. Banyak pula yang berpikir bahwa mereka membutuhkan makanan, padahal sebenarnya tubuh mereka butuh cairan. Jadi minumlah segelas air lalu tunggu 10 menit. Jika Anda masih merasa lapar, makanlah.

6. Kunyah sesuatu misalkan permen karet, lolipop, atau mint yang memuaskan Anda. Bila bukan rasa lapar yang sebenarnya, setelah mengunyah, Anda tak akan merasa kelaparan lagi.

sumber ; media indonesia
=============================================

Terima kasih untuk berkenan membaca isi blog ini, semoga dapat memberikan manfaat yang berarti bagi perkembangan dunia pendidikan kita. Atas segala kekurangannya saya menyampaikan permohonan maaf dan berkenan kiranya untuk meninggalkan komentar atas isi artikel ini. Salam Hormat untuk semuanya
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger