Yusuf Blog News :
Home » » Dampak Letusan Matahari pada Bumi

Dampak Letusan Matahari pada Bumi

Written By INSPIRASI on Thursday, June 23, 2011 | 2:54 AM

Pada tanggal 7 Juni 2011, letusan matahari atau badai matahari terbesar terjadi dalam empat tahun terakhir erupsi matahari dan letusan ini menghasilkan awan plasma magnetik yang menakjubkan. Letusan terbilang berukuran sedang, tetapi plasma yang mengandung magnet yang dilontarkan lidah api–disebut filamen–bisa berukuran 10 kali Bumi.
Puncak letusan matahari terjadi sekitar pukul 06.41 GMT. Tapi, ahli astrofisika NASA C. Alex Young mengatakan lidah api terus berlangsung hingga tiga jam. Filamen yang besar biasanya terlepas dari medan magnet matahari dan menuju ke luar angkasa. Demikian penjelasan dari ilmuwan NASA Alex Young. Hanya saja pada kejadian kali ini, filamen kembali ke matahari. “Kemungkinan tidak punya energi yang cukup,” katanya.
Kejadian ini terekam oleh Solar Dynamics Observatory milik NASA. Kejadian tersebut sendiri tidak akan berefek pada Bumi. “Tak perlu khawatir. Nikmati saja keindahannya,” kata Young.
Letusan matahari bisa berdampak pada Bumi jika terjadi ketika letusan itu berada pada sisi matahari yang menghadap bumi. Jadi, jika lidah api sampai ke Bumi maka akan mengakibatkan kerusakan pada seluruh sistem elektronik seperti peralatan medis di rumah sakit, komputer, TV, sistem perbankan, sistem keamanan, sistem penerbangan dan lain – lain. Dan hal ini akan terjadi di seluruh dunia. Itu berarti seluruh sistem yang berhubungan dengan peralatan elektronik akan lumpuh total selama solar flare menerjang bumi. (meionews)
Short URL: http://meionews.com/?p=486


Terima kasih untuk berkenan membaca isi blog ini, semoga dapat memberikan manfaat yang berarti bagi perkembangan dunia pendidikan kita. Atas segala kekurangannya saya menyampaikan permohonan maaf dan berkenan kiranya untuk meninggalkan komentar atas isi artikel ini. Salam Hormat untuk semuanya
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger