Yusuf Blog News :
Home » » Indonesia Butuh SDM unggul

Indonesia Butuh SDM unggul

Written By INSPIRASI on Tuesday, June 14, 2011 | 3:45 AM

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan, Indonesia memerlukan manusia-manusia yang unggul untuk menjadi negara maju. "Dan itu bisa dicapai jika pendidikan dimajukan dan semakin berkualitas. Kita tidak boleh kalah dengan bangsa lain," ujarnya ketika memberikan sambutan dalam Puncak Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2011 diselenggarakan bersamaan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-103, pada 20 Mei lalu di di Hall D JI-Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat. 
Karena itu Presiden SBY mengingatkan para pendidik, baik formal maupun informal, untuk menyadari bahwa sasaran pendidikan bukan hanya kepintaran dan kecerdasan ilmu pengetahuan. Sasaran utama lainnya yang tak kalah penting adalah moral, budi pekerti, perilaku, serta mental dan kepribadian yang tangguh dan mulia.
¨Sesungguhnya karakter manusia yang nantinya akan menjadi karakter bangsa. Dalam 10 tahun mendatang, diharapkan Indonesia dapat menjadi maju dan berakhlak mulia, berdaya juang tinggi, serta bervisi misi,¨ ucap Presiden SBY memaparkan.
Kendati demikian, Presiden SBY mengingatkan agar kita tak memiliki semangat kebangsaan atau nasionalisme yang sempit, karena bisa membawa kehancuran. "Tapi, berupaya untuk selalu memajukan bangsa kita. Di sinilah semangat kebangkitan dan pendidikan nasional diperlukan. ¨
Selain dihadiri Presiden, dalam acara ini hadir pula Wakil Presiden Boediono, Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh, Menteri Informasi dan Komunikasi Tifafutl Sembiring, dan sejumlah anggota Kabinet Indonesia Bersatu II.
Tema Hardiknas dan Harkitnas tahun ini adalah adalah "Pendidikan Karakter sebagai Pilar Kebangkitan Bangsa". Karena itu, puncak peringatan Hardiknas dan Harkitnas tahun ini bertajuk "Indonesia Bangkit dan Berkarakter".
Acara ini kerja sama antara Kementerian Pendidikan Nasional dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, selaku penyelenggara nasional Harkitnas. Dalam sambutannya, Menteri Nuh mengatakan, kerja sama dua kementerian ini memiliki dua makna. Pertama, menunjukkan kalau pendidikan dan kebangkitan merupakan dua unsur yang menyatu dan tidak dapat dipisahkan. Kedua,, acara ini bentuk sinergi program antarkementerian yang menjadi wujud penerjemahan dari pesan Presiden SBY.
Program sinergi antarkementerian juga akan dilakukan Kemdiknas dengan Kementerian Agama, dan Kementerian Kesehatan, untuk menggalakkan Gerakan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Gerakan ini akan dimulai pada tahun ajaran 2011/2012. Gerakan ini akan dicanangkan menjadi gerakan nasional. Salah satu bentuknya adalah dengan menggabungkan lembaga-lembaga PAUD dengan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). "Antusiasme masyarakat sangat tinggi terhadap program ini. Program ini diselenggarakan untuk menyiapkan generasi muda yang tangguh untuk tahun 2045, saat 100 tahun Indonesia merdeka," ucap Mendiknas.

Gerakan tersebut dinilai Mendiknas sangat penting. ¨PAUD merupakan fokus utama Kemdiknas dalam menerapkan pendidikan karakter bangsa. Hal ini guna menciptakan bangsa yang berkarakter Indonesia yang baik yang diperkirakan akan unggul dalam 10 tahun mendatang."
-----------------------------------------------------------------------




Terima kasih untuk berkenan membaca isi blog ini, semoga dapat memberikan manfaat yang berarti bagi perkembangan dunia pendidikan kita. Atas segala kekurangannya saya menyampaikan permohonan maaf dan berkenan kiranya untuk meninggalkan komentar atas isi artikel ini. Salam Hormat untuk semuanya
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger