Yusuf Blog News :
Home » » 10 Alasan Mengapa Harus Berjalan Kaki

10 Alasan Mengapa Harus Berjalan Kaki

Written By INSPIRASI on Tuesday, June 21, 2011 | 9:41 AM

Tubuh sehat dan bugar? Banyak orang yang beranggapan bahwa untuk mendapatkan tubuh sehat dan bugar ini harus mengeluarkan biaya yang cukup besar. Sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tubuh sehat, bugar dan, biaya murah, salah satunya adalah dengan cara berjalan kaki.

Luangkan waktu Anda untuk berjalan kaki selama 30-60 menit setiap harinya, karena dengan berjalan kaki bisa mengubah hidup Anda menjadi lebih sehat dan bugar. Berikut adalah beberapa alasan banyak orang yang meluangkan waktu sejenaknya untuk berjalan kaki ditengah kesibukan rutinitas sehari-hari.

Alasan 1 # Mudah
Berjalan kaki memang mudah, hanya membutuhkan sepasang alas kaki ini Anda dapat berjalan dimana saja (di taman, teras, atau di atas treadmill), kapan saja (mulai dari pagi hingga malam hari). Mulailah berjalan kaki selama 5 hingga 15 menit (waktu dapat ditingkatkan secara bertahap).

Alasan 2 # Meningkatkan semangat
Hanya dengan berjalan kaki ini dapat meningkatkan semangat, suasana hati serta menghilangkan stress. Sebuah studi yang dimuat dalam Annals of Behavioral Medicine menunjukkan bahwa siswa yang berjalan secara teratus memiliki tingkat stress yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang terlalu sering duduk, sedikit berolahraga maupun tidak sama sekali.

Alasan 3 # Meningkatkan otak
Sebuah studi yang dilakukan National Council of Aging menunjukkan bahwa berjalan kaki selama 45 menit dalam sehari dapat mempertajam kemampuan mental dan otak kita. Hal ini adalah suatu fakta yang mengungkapkan bahwa setiap melakukan latihan dalam bentuk apapun dapat membantu meningkatkan fisik, mental dan kewaspadaan.

Alasan 4 # Mengurangi risiko sakit jantung dan stroke
Berjalan kaki selama 30 hingga 45 menit dalam sehari dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, yang mana berfungsi untuk meningkatkan kolestrol baik (HDL) serta menurunkan kolestrol jahat (LDL) dalam tubuh.

Alasan 5 # Mempertahankan tingkat gula darah
Hanya dengan berjalan kaki dapat membantu penderita diabetes dalam mengontrol kadar gula darah serta mengurangsi resiko terkena diabetes pada sebagian orang yang rentan terhadap penyakit ini.

Alasan 6 # Mencegah disfungsi seksual
Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of American Medical Association menunjukkan bahwa berjalan cepat serta menempuh jarak setidaknya 3,2 km setiap harinya dapat mengurangi impotensi pada pria, efeknya lebih terlihat pada pria yang berusia tengah baya dan pada pria yang terkena penyakit diabetes.

Alasan 7 # Menjaga berat badan
Berjalan kaki merupakan aktifitas yang tepat buat Anda yang sedang melakukan diet sehat. Berjalan dapat juga dianggap sebagai latihan aerobik yang dapat membantu Anda dalam menjaga maupun menurunkan berat badan, yakni dapat menghilangkan kadar lemak dalam tubuh Anda.

Alasan 8 # Panjang umur
Berdasarkan penelitian jantung di Honolulu yang melibatkan 8.000 pria, bahwa dengan berjalan 3,2 km per hari dapat mengurangi resiko kematian hampir 50 persen. Termasuk mengurangi resiko kematian yang timbul akibat penyakit kanker. Beberapa studi lain juga membenarkan hasil penelitian tersebut, bahwa berjalan membuat Anda hidup lebih lama.

Alasan 9 # Membuat tidur lebih nyenyak
National Sleep Foundation menyebutkan bahwa berjalan cepat di sore hari dapat membantu tidur Anda lebih nyenyak, hal ini disebabkan karena berjalan kaki akan meningkatkan hormone serotonin yang dapat membuat Anda akan merasa lebih nyaman. Namun, hindari berjalan kaki dua jam sebelum Anda tidur.

Alasan 10 # Mengurangi keropos tulang
Berjalan kaki selama 30 menit sebanyak tiga kali dalam seminggu, dapat mencegah dan mengurangi terjadinya keropos tulang. Hal ini disebabkan karena berjalan kaki yang menggunakan lebih dari 90 persen otot tubuh yang akan membuat tulang Anda menjadi lebih kuat untuk menahan beban tubuh.
======================================



Terima kasih untuk berkenan membaca isi blog ini, semoga dapat memberikan manfaat yang berarti bagi perkembangan dunia pendidikan kita. Atas segala kekurangannya saya menyampaikan permohonan maaf dan berkenan kiranya untuk meninggalkan komentar atas isi artikel ini. Salam Hormat untuk semuanya
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger