Yusuf Blog News :
Home » » ICG Teknik Baru Mendeteksi Serangan Jantung

ICG Teknik Baru Mendeteksi Serangan Jantung

Written By INSPIRASI on Thursday, June 9, 2011 | 5:14 PM

Para dokter tahu jika seseorang berisiko terkena serangan jantung. Kebiasaan merokok, obesitas, sejarah keluarga, kolesterol tinggi, umumnya dianggap sebagai faktor risiko yang penting.
Farouc Jaffer, peneliti pada Universitas Harvard, mengatakan, "Sekarang alat prediksi kita tidak cukup baik untuk memahami siapa yang berisiko mengembangkan serangan jantung akut, yang membuat mereka bisa mati mendadak dan juga mengalami komplikasi jantung di kemudian hari seperti gagal jantung."
Jaffer berpendapat alat yang lebih baik dibutuhkan untuk mengidentifikasi plak khusus yang mengancam jantung. Plak terdiri dari lemak, kolesterol dan materi lain. Jika plak bertimbun di dinding urat nadi, maka pembuluh darah dapat menyempit. Jika plak itu pecah, terbentuk gumpalan darah. Jika mengalir ke jantung, gumpalan itu dapat menyebabkan serangan jantung yang mematikan. Dengan menggunakan teknologi sekarang, dokter dapat mengetahui kapan itu mungkin terjadi.
Jaffer dan koleganya menguji cara baru untuk mengidentifikasi plak sebelum menjadi masalah. Dalam uji coba dengan hewan, mereka menyuntikkan perwarna yang disebut indocyanine green atau ICG, ke dalam into pembuluh. ICG menarik kolesterol secara kimiawi, dan dapat dideteksi dengan sensor yang mengalir dalam pembuluh darah, melewati plak.
Lebih lanjut Jaffer mengatakan, "Apa yang kami dapati adalah semua ICG mulai meninggalkan darah dan malah mulai berkumpul di plak-plak tersebut. Segera setelah kami melintasi plak itu, kami melihat peningkatan sinyal yang mengisyaratkan ICG benar-benar mengendap di plak-plak tersebut."
Prosedur dengan ICG bersifat invasif dan berisiko, jadi mungkin hanya diberikan kepada orang yang berisiko tinggi terkena serangan jantung. Menurut Jaffer yang dikutip "VOA", teknologi diagnostik yang mengidentifikasi plak berbahaya tanpa gejala itu membuka jalan untuk mencegah agar plak tidak pecah. Misalnya, dokter dapat menyisipkan penyangga kecil dari logam yang disebut stent ke dalam pembuluh darah.
Tapi tidak semua plak perlu dipasang stent, kata Jaffer, karena 95 sampai 98 di antaranya tidak akan menyebabkan serangan jantung. Badan pengawas pemerintah harus setuju sebelum prosedur ini dapat dicoba kepada manusia. Farouc Jaffer mengemukakan bahwa pewarna ICG sudah digunakan sejak tahun 50-an untuk tujuan lain, sehingga dapat mempercepat izin. 

----------------------------------------

Terima kasih untuk berkenan membaca isi blog ini, semoga dapat memberikan manfaat yang berarti bagi perkembangan dunia pendidikan kita. Atas segala kekurangannya saya menyampaikan permohonan maaf dan berkenan kiranya untuk meninggalkan komentar atas isi artikel ini. Salam Hormat untuk semuanya
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger