Yusuf Blog News :
Home » » Presiden Jatuh Tempo

Presiden Jatuh Tempo

Written By INSPIRASI on Sunday, June 12, 2011 | 4:13 AM

PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono kemarin membuat pernyataan menyangkut 2014. Ia, katanya, bertekad untuk tidak melibatkan diri dan keluarganya dalam perebutan kursi presiden di Pemilihan Presiden 2014.

Penegasan itu disampaikan Yudhoyono saat berpidato pada Presidential Lecture Indonesian Young Leaders yang diselenggarakan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) dan Fakultas Ekonomi UI di Jakarta.

Menurut Yudhoyono, tahun 2014 adalah waktu bagi dirinya untuk lengser karena sudah jatuh tempo. Penegasan itu dirasanya perlu disampaikan untuk menghindari tudingan bahwa forum tersebut merupakan sarana mempromosikan keluarganya menghadapi 2014. ''Bisa-bisa saudara dituduh menjadi tim suksesnya SBY tahun 2014.

"Saat ini, lanjut Yudhoyono, ia tidak mempersiapkan siapa-siapa untuk menjadi calon presiden 2014. "Biarlah rakyat dan demokrasi yang berbicara pada 2014 mendatang. Setiap orang memiliki hak dan peluang untukrunning for RI 1.

"Demikianlah, tiada angin, tiada hujan, petir menyambar. Ada apakah gerangan? Padahal, sudah jelas, masa jabatan Presiden Yudhoyono tidak hanya jatuh tempo pada 2014. Lebih dari itu, bahkan masa jabatannya tersebut tidak boleh diperpanjang karena menurut konstitusi presiden hanya boleh menjabat dua periode berturut-turut.

Jadi, dari perspektif konstitusi, pernyataan jatuh tempo bukan isu. Yang menjadi isu ialah pernyataan Yudhoyono bahwa ia tidak melibatkan diri dan keluarganya dalam perebutan kursi presiden pada 2014. Sebuah pernyataan yang sepertinya ingin membantah desas-desus yang beredar diam-diam di tengah masyarakat bahwa istrinya, Ani Yudhoyono, bakal maju menjadi calon presiden 2014.

Sesungguhnya ada yang kontradiktif dalam pernyataan Yudhoyono itu. Jika setiap orang memiliki hak dan peluang untuk running for RI 1, seperti katanya, bukankah itu berarti anak dan istrinya juga berhak? Tentang hak konstitusional, itu perlu kita tegaskan agar kelak tidak terjadi kebohongan terhadap publik. Pemilu presiden masih akan digelar tiga tahun lagi. Bahkan, masa kerja pemerintahan yang sekarang belum lagi genap dua tahun.

Padahal, pada 2014, rakyat akan bertanya, apakah yang telah dibuat seorang Yudhoyono selama 10 tahun menjadi presiden? Apakah yang diwariskannya kepada bangsa dan negara?
Jangan lupa, Yudhoyono merupakan presiden yang paling lama memerintah di masa reformasi.

Presiden BJ Habibie 1 tahun 5 bulan, Gus Dur 1 tahun 9 bulan, dan Megawati 3 tahun 3 bulan.
Oleh karena itu, apa yang dihasilkan Presiden Yudhoyono untuk bangsa dan negara ini merupakan pertanyaan yang jauh lebih penting daripada pertanyaan siapakah yang disiapkannya untuk menjadi penerusnya pada 2014.

---------------------------------------------------------------


Terima kasih untuk berkenan membaca isi blog ini, semoga dapat memberikan manfaat yang berarti bagi perkembangan dunia pendidikan kita. Atas segala kekurangannya saya menyampaikan permohonan maaf dan berkenan kiranya untuk meninggalkan komentar atas isi artikel ini. Salam Hormat untuk semuanya
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger