Yusuf Blog News :
Home » » Berbagai Cara Membangun Backlink

Berbagai Cara Membangun Backlink

Written By INSPIRASI on Tuesday, July 5, 2011 | 8:48 PM

Anda yang sudah sering berkutat dengan SEO pasti tahu dengan kata yang satu ini. Ya, backlink merupakan salah satu faktor penting dalam search engine optimization. Backlink adalah tautan atau link yang ada di website lain atau website anda yang mengacu ke halaman dalam website anda. Belakangan, backlink sangat berpengaruh untuk menjadikan website anda "nomor 1" di search engine (terutama Google). Semakin banyak backlink anda di blog atau website ber-pagerank tinggi, semakin penting website anda di mata search engine
Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk membangun backlink yang kuat. Diantaranya ada cara yang legal dan ada juga cara yang melanggar aturan. Disini kita akan membahas cara yang legal saja, agar aman dam tidak di blacklist oleh search engine.
1.  Rajin meninggalkan komentar di web lain
Ini merupakan salah satu cara termudah untuk membagun backlink yang kuat. Tentunya anda sering berkunjung ke blog atau website orang lain. Entah terdampar dari mbah google atau memang karena senang melihat artikelnya. Nah, gunakanlah kesempatan ini untuk menambah backlink ke website anda. Luangkanlah waktu sesaat untuk meninggalkan komentar dan jangan lupa, tinggalkan alamat website anda di komentar tersebut. Engine blog terkenal seperti Wordpress atau Blogspot telah menyediakan fasilitas untuk mencantumkan alamat website anda. Isilah alamat anda di situ agar tidak dianggap spam. Jadilah tambahan satu backlink untuk anda.
2.  Tambahkan artikel anda ke Social Bookmark
Setelah memposting sebuah artikel sebaiknya anda mempostingnya di Social bookmark. Social bookmark dapat membantu mempercepat index website anda karena di update secara berkala. Selain itu, social bookmark juga merupakan situs yang dipercaya search engine, sehingga anda bisa mendapatkan backlink ke situs anda dengan cepat. Banyak sekali social bookmark yang dapat anda pilih, antara lain digg.com, infogue.com, lintasberita.com, dll.
3.  Buat signature di forum
Anda yang sering berkecimpung di dunia perforuman (bahasanya ngga enak -,-") pasti sudah familiar dengan signature. Ya, signature merupakan "embel-embel" yang ada di bawah postingan anda di forum. Banyak sekali forum yang menyediakan fitur signature, walaupun ada juga yang melarang anda menggunakan signature. Dengan memasang signature dan aktif di sebuah forum, anda dapat memperoleh backlink yang banyak. Apalagi jika forumnya ber-pagerank tinggi, backlink yang anda dapatkan akan sangat berkualitas.
4.  Menulis di website lain
Cara lain adalah menulis di website lain. Banyak sekali website yang memperbolehkan anda memposting tulisan anda di website tersebut.  Anda dapat menempatkan link ke blog anda dibawah artikel yang anda tulis, sehingga anda mendapatkan backlink ke website anda. Semakin banyak anda menulis, semakin banyak backlink yang anda dapatkan. Ayo bergabung! (promosi ).
5.  Buat theme
Anda punya kemampuan membuat theme? Kemampuan ini dapat anda manfaatkan untuk meningkatkan backlink. Caranya? sisipkan alamat website anda di template anda. Dengan begitu, anda akan mendapat backlink dari situs yang memakai template buatan anda.
6.  Beli backlink
Ini sangat dianjurkan bagi anda yang memiliki dana lebih, belilah backlink dari dari situs yang sudah memiliki popularitas dan backlink tinggi. Dengan begitu anda tidak perlu bersusah payah membangun weblink agar website anda mendapat peringkat yang baik.
7.  Bertukar link
Ini dapat anda lakukan bila anda menjalin hubungan diplomatis dengan pemilik blog atau website lain. Anda dapat bertukar link sehingga sama-sama menyumbang backlink untuk website mitra anda.
8.  Buat blog dummy
Apaan tuh blog dummy? Blog dummy tidak lain hanyalah blog biasa yang anda buat. Misalnya anda punya blog pribadi dan sebuah situs usaha. Blog anda itu dapat anda gunakan untuk mencantumkan link ke website anda untuk mendaptkan backlink. Untuk kasus ini, blog anda disebut blog dummy. Pastikan blog dummy yang anda buat memiliki pagerank yang lumayan tinggi, karena percuma mencantumkan link anda apabila pagerank blog anda masih 0.
9.  Buat perlombaan blog
Ini cara yang efektif namun sangat sulit. Buat perlombaan blog yang syaratnya mencantumkan alamat website anda di blog peserta. Bila pesertanya banyak, maka anda akan mendapat backlink yang sangat banyak. Dari segi efektifitas, ini cara paling efektif. Namun dari segi biaya, bisa anda bayangkan sendiri.
10.  Tinggalkan backlink di .edu atau .gov
Domain jenis ini merupakan domain yang memiliki otoritas tinggi di mesin pencari. Domain ini selalu diutamakan dari domain lainnya. Jadi anda harus mencari cara agar bisa meninggalkan backlink di domain tersebut. Cari situs dengan domain tersebut yang menyediakan fasilitas komentar. Bila bisa melakukannya, anda akan mendapatkan backlink yang sangat berkualitas.


=================================

Terima kasih untuk berkenan membaca isi blog ini, semoga dapat memberikan manfaat yang berarti bagi perkembangan dunia pendidikan kita. Atas segala kekurangannya saya menyampaikan permohonan maaf dan berkenan kiranya untuk meninggalkan komentar atas isi artikel ini. Salam Hormat untuk semuanya
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger