Yusuf Blog News :
Home » , » Perilaku Seks Remaja Cenderung Mencontoh Orang Tua

Perilaku Seks Remaja Cenderung Mencontoh Orang Tua

Written By INSPIRASI on Tuesday, July 26, 2011 | 10:49 PM

SEBUAH penelitian online berskala nasional di Kanada menunjukkan, sebanyak 45 persen remaja mengganggap orangtua mereka sebagai role model dalam hal seksualitas. 

Survei tersebut juga menunjukkan bahwa hanya 32 persen remaja yang meniru perilaku seksual teman-temannya, dan cuma 15 persen yang mengambil inspirasi dari para selebritas. 

Dr. Jean-Yves Frappier, seorang peneliti di CHU Sainte-Justine Hospital Research Centre yang berafiliasi dengan University of Montreal, akan menyuguhkan hasil penelitian tersebut pada Konferensi Tahunan ke-88 Canadian Pediatric Society pada 18 Juni 2011. 

Yang penting, survei ini juga mengungkapkan bahwa banyak remaja yang mencontoh orangtua mereka, tinggal dalam sebuah keluarga di mana seksualitas didiskusikan secara terbuka. Terlebih lagi, remaja dan keluarga memiliki kesadaran yang lebih besar tentang risiko dan konsekuensi dari penyakit menular seksual.

''Komunikasi yang baik dalam keluarga dan khususnya sekitar isu-isu kesehatan seksual, dikaitkan dengan perilaku yang lebih bertanggung jawa,'' jelas Frappier seperti dikutip situs sciencedaily.com. 

Namun, 78 persen ibu yang berpartisipasi dalam survei itu percaya bahwa anak-anak mereka mencontoh perilaku seksual teman-teman mereka, dan bahwa kurangnya keterlibatan komunikasi dengan ayah sangat merugikan. ''Para orangtua tampaknya meremehkan peran mereka dan dampak yang mereka timbulkan. Para profesional di bidang kesehatan dan media memiliki peran penting dalam memberdayakan orangtua, dan memungkinkan mereka untuk meningkatkan komunikasi dengan anak-anak mereka terkait masalah kesehatan seksual,'' tandas Frappier. 

Survei yang dilakukan melibatkan 1.139 ibu yang memiliki anak remaja, dan 1.171 anak muda berusia 14 dan 17 tahun. Kuesioner yang diajukan menyentuh topik-topik seperti sumber informasi kesehatan seksual, komunikasi tentang kesehatan seksual, fungsi keluarga dan aktivitas seksual.


Terima kasih untuk berkenan membaca isi blog ini, semoga dapat memberikan manfaat yang berarti bagi perkembangan dunia pendidikan kita. Atas segala kekurangannya saya menyampaikan permohonan maaf dan berkenan kiranya untuk meninggalkan komentar atas isi artikel ini. Salam Hormat untuk semuanya
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger