Yusuf Blog News :
Home » » TIPS : Cara Menghadapi Serbuan Email Sampah (SPAM)

TIPS : Cara Menghadapi Serbuan Email Sampah (SPAM)

Written By INSPIRASI on Monday, July 11, 2011 | 9:22 PM


Spam alias email sampah memang sulit diredam, apalagi jika email yang kita gunakan tidak menggunakan filter penyaring spam. Niscaya, gelontoran iklan yang dibawa pesan yang tak diinginkan tersebut bakal mensesaki inbox kita. Beberapa waktu lalu detik telah merilis beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menangkis serbuah email sampah (SPAM) ini. Silahkan klik disini untuk melihat tips-tips tersebut.
Selain tips-tips yang dikeluarkan oleh detik pada alamat tersebut diatas, berikut ini beberapa tips dari penulis berdasarkan pengalaman pribadi dalam membendung email spam ini.
  1. Dalam penggunaan email gratisan (seperti yahoo, gmail, dll), sediakan/buat beberapa email untuk keperluan yang berbeda. Misalnya satu email untuk menerima langganan newsletter, satu email untuk mendaftar di affiliate program, satu email untuk komunikasi dengan pelanggan, satu email untuk ikut di milis, dst.
  2. Jika memiliki hosting dan email domain sendiri, jangan publish alamat email dari domain Anda sendiri tersebut. Tetapi jika memang diperlukan atau anda butuhkan, maka anda bisa melakukan tips berikut:
    a). sediakan 1 account email dari domain Anda sendiri tersebut yang fungsinya hanya satu arah saja (hanya untuk mengirim dan tidak untuk menerima). Hal ini banyak dipakai oleh situs-situs besar, misalnya dengan memberi nama emailnya dengan  noreply at websiteku.com. Tetapi Anda harus mengatur (set) isi email tersebut untuk terhapus secara otomatis pada periode tertentu.
    b). sediakan 1 account email dari domain Anda sendiri tersebut untuk digunakan berkomunikasi dua arah (mengirim dan menerima email). Namun anda harus mengatur (set) supaya secara otomatis isi emailnya terhapus pada periode tertentu. Karena penghapusan otomatis anda set, maka Anda mesti selalu dan rutin mengecek email jenis ini. Jika ada email penting, segera balas atau di pindahkan (forward) ke email khusus anda yang lain.Catatan: Mungkin tidak semua hosting provider memiliki penghapusan otomatis isi email tersebut. Jadi kalau mau berlangganan jasa hosting provider, sebaiknya tanya terlebihdahulu apakah mereka memiliki fasilitas ini. Saya sendiri biasanya menggunakan jasa hosting provider ini.
Demikian kira-kira tips tentang cara menghadapi email-email yang masuk dan bagaimana sebaiknya Anda mengelola account email Anda, semoga membantu.


Terima kasih untuk berkenan membaca isi blog ini, semoga dapat memberikan manfaat yang berarti bagi perkembangan dunia pendidikan kita. Atas segala kekurangannya saya menyampaikan permohonan maaf dan berkenan kiranya untuk meninggalkan komentar atas isi artikel ini. Salam Hormat untuk semuanya
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger