Yusuf Blog News :
Home » » Memilih Kayu untuk Rumah

Memilih Kayu untuk Rumah

Written By INSPIRASI on Wednesday, July 13, 2011 | 4:47 PM

Meski sudah banyak alternatif material bangunan jenis lain, kayu merupakan bahan material yang banyak digemari. Bisa jadi karena kayu tidak akan pernah ketinggalan zaman, harganya yang terjangkau, dan tahan lama. Kayu juga bisa diaplikasikan untuk model rumah apapun dari yang klasik, minimalis, etnik, bahkan tradisional sekalipun. Selain itu, kayu tak hanya bisa digunakan untuk kuda-kuda atap, di rumah tradisional. Dari atap hingga lantai, keseluruhannya bisa memakai kayu. Efisien dan efektif, kan?
Nuansa Hangat
Untuk interior, elemen kayu banyak digunakan sebagai lantai, panel dinding, dan plafon yang biasanya ditemui di vila. Kayu dipilih karena memberikan nuansa hangat di dalam ruangan. Cocok dengan vila yang biasanya berlokasi di pegunungan yang dingin.
Dari sekian banyak jenis kayu, biasanya rumah tradisional menggunakan kayu yang kuat dan tahan terhadap rayap seperti kayu jati. Tetapi, karena sekarang kayu jati semakin langka. Hal ini menyebabkan harganya melambung tinggi. Untungnya saat ini sudah banyak alternatif kayu lain yang kekuatannya hampir sama dengan kayu jati tersebut, contohnya kayu kamper.
Selain sebagai lantai, kayu juga bisa digunakan untuk kisi-kisi dan elemen lain pada rumah (Foto: Anantara Seminyak Resort & Spa, Bali)
Pilihan Finishing
Untuk pemakaian interior sekarang ini jarang sekali menggunakan kayu solid karena harganya sudah mahal. Tetapi, tenang saja, sudah banyak bahan pengganti kayu solid tersebut, seperti multiplek, MDF atau partikel.
Sementara untuk finishing -nya, terdapat alternatif HPL yang mempunyai corak dan tekstur sama dengan kayu. Bentuknya berupa lembaran lapisan dengan tekstur berbagai macam warna dan corak.
Untuk kayu solid pun terdapat berbagai macamfinishing . Sebut saja pelitur dan melamik yang tak terlalu merepotkan dalam hal perawatan. Anda cukup mengelapnya dengan menggunakan kain lap kering yang bertekstur halus. Tetapi, untuk kusen bagian luar,finishing  akan cepat pudar warnanya karena terpengaruh cuaca hujan ataupun terpapar teriknya matahari. Yang harus dilakukan adalahfinishing  ulang setelah kurang lebih 2/3 tahun.
Lampu Kuning
Untuk ruangan yang memakai banyak elemen kayu untuk lantai, dinding dan plafonnya, ada baiknya jika dipadukan juga dengan lampu yang berwarna kuning. Tujuannya, supaya kesan hangat bisa tetap terjaga. Titik-titik penempatan lampu juga harus diperhatikan. Sebaiknya berupa indirect lighting (lampu yang tersembunyi) sehingga sinarnya tidak terlalu silau tetapi bisa menciptakan kesan dramatis pada ruangan tersebut.
 Naskah & Ilustrasi 3d: rum@h desain, Website: http://rumahdesain2009@blogspot.com


Terima kasih untuk berkenan membaca isi blog ini, semoga dapat memberikan manfaat yang berarti bagi perkembangan dunia pendidikan kita. Atas segala kekurangannya saya menyampaikan permohonan maaf dan berkenan kiranya untuk meninggalkan komentar atas isi artikel ini. Salam Hormat untuk semuanya
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger