Yusuf Blog News :
Home » » Pil Peremaja Jantung

Pil Peremaja Jantung

Written By INSPIRASI on Saturday, July 2, 2011 | 7:36 AM

Pil yang dapat meremajakan kembali jantung yang rusak pada penderita serangan jantung akan segera terwujud. Demikian klaim sekelompok peneliti di Inggris. Lima tahun lalu proses itu dianggap mustahil dilakukan.

Para peneliti di University College London telah menemukan protein bernama thymosin Beta 4 yang menjadi kunci pertumbuhan jantung di usia muda. Protein tersebut ternyata bisa membangunkan kembali sel punca yang dorman (tidak aktif) pada organ orang dewasa. Protein itu pula yang akan digunakan untuk menstimulasi sel punca sehingga mampu meremajakan jantung.

Pil yang mengandung protein thymosin Beta 4 ini nantinya akan membantu pembentukan kembali otot dan pembuluh darah di sekeliling jantung yang rusak ketika terjadi serangan jantung. Dengan begitu kerusakan jantung yang lebih parah akan menurun drastis sekaligus memperbaiki kualitas hidup penderitanya.

Eksperimen yang mereka lakukan pada tikus menunjukkan adanya peningkatan performa jantung sebesar 25 persen setelah tikus menerima protein thymosin Beta 4. Kini, mereka berharap dapat melakukan uji coba pada manusia dalam beberapa tahun mendatang.

Profesor Paul Riley secara optimistis membayangkan pasien yang berisiko serangan jantung meminum pil itu dan kerusakan jantung mereka bisa diperbaiki. Sementara Profesor Peter Weissberg selaku direktur medis British Heart Foundation yang mendanai riset tersebut mengatakan, "Perbaikan kecil pada kondisi jantung akan membawa peningkatan besar pada kualitas hidup pasien."

Studi inovatif ini menunjukkan bahwa jantung orang dewasa mengandung sel yang apabila diberi stimulus yang tepat, dapat diaktifkan dan membentuk sel-sel jantung baru yang dapat memperbaiki kerusakan jantung. (Sumber: The Telegraph)


===========================================

Terima kasih untuk berkenan membaca isi blog ini, semoga dapat memberikan manfaat yang berarti bagi perkembangan dunia pendidikan kita. Atas segala kekurangannya saya menyampaikan permohonan maaf dan berkenan kiranya untuk meninggalkan komentar atas isi artikel ini. Salam Hormat untuk semuanya
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger