Yusuf Blog News :
Home » , » Tidur dengan Diayun Memang Lebih Nikmat

Tidur dengan Diayun Memang Lebih Nikmat

Written By INSPIRASI on Saturday, July 2, 2011 | 7:49 AM

Diayun pada saat tidur memengaruhi gelombang otak dan mempercepat proses menuju tidur pulas. Hal ini sudah didukung oleh bukti ilmiah hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Current Biology yang terbit 21 Juni.

Pada saat studi, peneliti dari University of Geneva merekruit 12 pria untuk turut serta--wanita tidak diturutsertakan karena perubahan hormon saat menstruasi dapat memengaruhi tidur. Setiap relawan datang ke lab sebanyak dua kali untuk tidur siang selama 45 menit di atas tempat tidur yang digantung pada langit-langit. Pada kedatangan pertama, tempat tidur tidak diayun. Tempat tidur diayun pada saat kedatangan kedua. Saat relawan tidur, aktivitas otak mereka dimonitor menggunakan EEG.

Peneliti mendapati bahwa seluruh relawan lebih cepat tertidur dan tidur lebih dalam saat ranjang diayun. Ketika tempat tidur tidak bergerak, relawan menghabiskan separuh waktu tidur mereka di dalam fase tidur ringan, dikenal dengan fase N1. Ketika tempat tidur diayun, fase N1 hanya 30 persen dari seluruh waktu tidur.

Fase tidur yang lebih dalam, fase N2, meningkat 10 persen saat tempat tidur diayun, dari 50 persen saat tempat tidur statis menjadi 60 persen.

Tempat tidur yang diayun juga mengubah pola aktivitas otak yang disebut sleep spindle, aktivitas rentetan energi yang muncul selama setengah detik selama fase N2. Saat tempat tidur bergerak, relawan memiliki jumlah sleep spindle yang lebih banyak. Sleep spindle dikenal membantu memblok suara saat seseorang tidur dan berhubungan dengan penyegaran tubuh saat orang terbangun.

Ilmuwan mengaku belum dapat memastikan efek ayunan pada saat tidur di malam hari. Penelitian selanjutnya akan mempelajari efek tidur sambil diayun pada penderita insomnia. (Sumber: LiveScience)


======================================
Terima kasih untuk berkenan membaca isi blog ini, semoga dapat memberikan manfaat yang berarti bagi perkembangan dunia pendidikan kita. Atas segala kekurangannya saya menyampaikan permohonan maaf dan berkenan kiranya untuk meninggalkan komentar atas isi artikel ini. Salam Hormat untuk semuanya
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger