Yusuf Blog News :
Home » » TIPS UNTUK PENDERITA LEMAH JANTUNG

TIPS UNTUK PENDERITA LEMAH JANTUNG

Written By INSPIRASI on Wednesday, January 11, 2012 | 4:24 PM


Jika Anda sering mengalami nyeri di dada kiri, jantung suka berdebar-debar, gampang lemas, sesak nafas, dan bengkak-bengkak di bagian tubuh (terutama kaki), ada baiknya Anda segera menghubungi ahli medis terdekat. Pasalnya, beberapa gejala di atas merupakan ciri-ciri seseorang menderita lemah jantung.

Lemah jantung adalah kondisi dimana jantung tidak normal akibat menurunnya fungsi jantung dalam memompa darah. Biasanya lemah jantung diderita setelah seseorang sakit atau ada kondisi tertentu yang merusak organ jantung.

Lemah jantung mesti segera diantisipasi agar ke depannya tidak semakin membahayakan jantung sehat Anda. Caranya tiada lain melalui pola hidup yang sehat. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang berguna untuk memperkuat jantung yang lemah.

Olahraga Ringan 30 Menit
Rajin berolahraga adalah cara tepat memulihkan lemah jantung. Seperti melakukan senam aerobik yang akan meningkatkan detak jantung dan menurunkan tekanan darah. Anda juga bisa melakukan olahraga jalan kaki, berkebun, naik sepeda, atau berenang. Rutin melakukannya minimal 30 menit sebanyak lima kali dalam seminggu akan menguatkan jantung lemah Anda.

Berhenti Merokok
Rokok adalah musuh utama jantung. Merokok sama seperti memasukkan racun ke dalam tubuh sendiri. Perlambatan atau perlemahan kerja jantung termasuk salah satu akibat dari asap rokok yang terus menerus masuk ke dalam tubuh. Zat CO2 dan Nikotin pada rokok berperan penting dalam membuat lemah jantung sebab pembuluh darah menjadi menyempit dan mengurangi kemampuan sel darah merah dalam memasok oksigen.

Menurunkan Berat Badan
Memiliki berat badan normal juga membantu memperkuat lemah jantung. Berat badan berlebih membuat organ-organ tubuh akan bekerja ekstra keras. Selain potensial mengakibatkan terjadinya serangan jantung, kelebihan berat badan juga akan memicu stroke, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Mengurangi Lemak
Berhati-hatilah saat mengkonsumsi daging dengan kandungan lemak yang tinggi. Hal itu dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh dan menyebabkan terjadinya penimbunan lemak. Akibatnya, aliran darah menjadi tidak lancar dan membahayakan kesehatan jantung. Batasi konsumi daging berlemak tinggi tidak lebih dari 10 persen konsumsi kalori sehari-hari Anda.

Waspadai Penyakit yang Berhubungan dengan Jantung
Diabetes dan kolesterol tinggi merupakan faktor terjadinya serangan jantung. Untuk itu, Anda wajib mewaspadai terjadinya kondisi buruk tersebut. selalu menjaga kesehatan tubuh dan berkonsultasi dengan dokter menjadi cara mengantisipasi kondisi yang tidak diinginkan tersebut.

Batasi Konsumsi Makanan Pabrik dan Konsumsi Herbal
Makanan pabrik seperti makanan kaleng biasanya mengandung lemak yang dapat mempengaruhi kesehatan jantung Anda. Menghindari makanan buatan pabrik itu sangat dianjurkan untuk membuat jantung lemah Anda tidak bertambah parah.



Terima kasih untuk berkenan membaca isi blog ini, semoga dapat memberikan manfaat yang berarti bagi perkembangan dunia pendidikan kita. Atas segala kekurangannya saya menyampaikan permohonan maaf dan berkenan kiranya untuk meninggalkan komentar atas isi artikel ini. Salam Hormat untuk semuanya
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger