Yusuf Blog News :
Home » » Merawat Sanseviera

Merawat Sanseviera

Written By INSPIRASI on Thursday, June 9, 2011 | 5:29 PM

Budidaya sanseviera mencakup pengenalan sifat tumbuhnya, cara penanaman, pemilihan bibit tanaman yang baik, perbanyakan, media tanam yang cocok, perawatan sanseviera serta pencegahan dan penanggulangan hama penyakit.
Sanseviera membutuhkan cahaya matahari yang cukup. Sanseviera yang kekurangan cahaya matahari terlihat warna daun pucat dan kusam, bila dipegang dengan tangan terasa lunak. Bila tanaman diletakkan di dalam ruangan, secara periodik tiap satu minggu dikeluarkan untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup. Lemasnya daun ini diakibatkan proses fotosintesis yang tidak optimal.
Media tanam yang baik menggunakan campuran tanah, pasir dan kompos. Penggemar lidah mertua sebaiknya menghindari bahan organik yang mentah. Bahan ini mengundang mikroba dan organisme pengurai. Yang pada akhirnya organisme ini mendatangkan hama penyakit. Contoh bahan organik mentah yaitu merang, sabut kelapa dan daun pinus.
Perawatan sanseviera yang disenangi oleh hobiis yaitu perbanyakan. Lidah mertua dapat diperbanyak dengan biji. Perbanyakan dengan cara memotong stolon yang ada di dalam tanah paling sering dilakukan para hobiis. Perbanyakan yang lain menggunakan bagian daunnya. Daun dipotong dengan pisau menjadi beberapa bagian. Pada bagian pangkal kemudian diberi zat perangsang tumbuh akar. Setelah itu, daun tersebut ditanam ke dalam media tanah. Sekitar tiga sampai empat minggu akan tumbuh tunas di bagian pangkalnya.
Perawatan sanseviera yang tak kalah pentingnya dari yang lain mencegah tanaman ini terserang hama dan penyakit. Hama yang sering menyerang sanseviera yaitu keong darat dan belalang. Keong darat dapat dimusnahkan dengan cara memungutinya satu persatu. Lakukan pemungutan di waktu pagi hari. Belalang dimusnahkan dengan penyemprotan insektisida. Penyakit yang sering menyerang lidah mertua yaitu busuk akar. Akar busuk disebabkan oleh cendawan. Penyebab utamanya kelembaban yang tinggi. Hobiis mengatasi penyakit ini dengan membongkar tanaman dan mengganti media tanam. Sebelum lidah mertua ditanam kembali dicelupkan ke dalam larutan fungisida.
Tanaman hias yang sehat tidak akan terserang hama dan penyakit. Oleh karena itu perawatan sanseviera secara rutin mutlak dilakukan para penggemar sanseviera ini.
sumber ; duniatanaman.com

--------------------------------

Terima kasih untuk berkenan membaca isi blog ini, semoga dapat memberikan manfaat yang berarti bagi perkembangan dunia pendidikan kita. Atas segala kekurangannya saya menyampaikan permohonan maaf dan berkenan kiranya untuk meninggalkan komentar atas isi artikel ini. Salam Hormat untuk semuanya
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger