Yusuf Blog News :
Home » » 1 dari 4 Calon Ayah Ikutan "Ngidam"

1 dari 4 Calon Ayah Ikutan "Ngidam"

Written By INSPIRASI on Sunday, May 29, 2011 | 2:17 AM

Gejala mual dan muntah di awal masa kehamilan ternyata bukan hanya monopoli calon ibu. Sekitar 1 dari 4 calon ayah juga dilaporkan ikut mengalami gejala yang lazim disebut ngidam ini.

fenomena ini terjadi karena para pria ikut merasakan fluktuasi emosi saat mengetahui istrinya hamil
Fenomena calon ayah yang ngidam lebih banyak dialami oleh para pria yang terlibat secara penuh dalam kehamilan istrinya. Dalam suatu penelitian di terhadap 2.000 pria berusia 16-65 tahun diketahui, sebanyak 23 persen calon ayah mengalami perubahan emosi dan fisik yang selama ini lebih banyak dialami calon ibu di awal kehamilan.
Menurut penelitian yang digagas Pampers itu, selain ngidam makanan tertentu, para calon ayah juga menjadi lebih emosional, mengalami mood swings, dan mual-mual. Sekitar 26 persen calon ayah mengalami perubahan emosi, 10 persen mengaku ngidam makanan dan 6 persen pria ikut merasakan gejala mual dan muntah. Bahkan, 3 persen pria seolah-olah merasakan sakit kehamilan.
Para ahli mengatakan, fenomena ini terjadi karena para pria ikut merasakan fluktuasi emosi saat mengetahui istrinya hamil. Selain itu, para calon ayah masa kini juga lebih aktif mengantarkan istri memeriksakan kehamilan bahkan mengikuti kelas mengenai kesehatan kehamilan.
Hampir sepertiga pria mengakui sejak mengetahui istrinya hamil mereka jadi lebih emosional dan gampang menitikkan air mata saat menonton film yang menggugah emosi. Sementara itu 56 persen calon ayah mengaku ikut memiliki "naluri keibuan", yang antara lain ditandai dengan meningkatnya kebutuhan menjaga kebersihan rumah.
Prof Mary Steen, yang memimpin riset tersebut mengatakan, keterikatan emosi dengan pasangan selama kehamilan sangat membantu calon ibu melewati kehamilannya. "Hal ini akan membangun ikatan yang kuat dengan calon bayi," katanya.
sumber ; health.kompas.com
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger