Yusuf Blog News :
Home » » NFC: Mengubah Ponsel Menjadi Kartu Pembayaran Elektronik

NFC: Mengubah Ponsel Menjadi Kartu Pembayaran Elektronik

Written By INSPIRASI on Tuesday, May 31, 2011 | 1:44 AM

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Orange Inggris dan Barclaycard memperkenalkan near fled communication (NFC), suatu model pembayaran menggunakan ponsel.  Layanan bertajuk Quick Tap, bisa digunakan untuk bertransaksi di sejumlah merchant misalnya McDonald, EAT, Pret-a-Manger dan beberapa toko Boots.
NFC merupakan model pembayaran terbaru menggunakan ponsel sebagai media transaksi. Teknologi NFC telah dibenamkan di ponsel. Untuk mengaktifkannya bisa menggunakan akun yang disediakan operator.
Pada layanan Quick Tap, misalnya, l ayanan ini baru bisa dinikmati para pengguna Samsung Tocci Lite. Pengguna juga harus memiliki akun di Orange.
Selanjutnya transaksi bisa dilakukan dengan menggunakan ponsel, layaknya transaksi menggunakan kartu debit atau kredit. Tak perlu SMS untuk transaksi dan notifikasi. Dengan perangkat semacam electronic data capture (EDC), transaksi bisa dilakukan kapan saja, dimana saja.
Sejauh ini, Quick Tap menetapkan pembelian bernilai minimal 15 poundsterling yang bisa dibayar melalui layanan ini, dan pengguna dapat memasukkan deposit ke rekening mobile mereka hingga 100 poundsterling.
"Memiliki dompet di ponsel saya membuat jauh lebih nyaman untuk berbelanja ketika bepergian dan saya suka ini karena memungkinkan saya untuk mengontrol pengeluaran ketika saya bepergian," kata David Chan, kepala eksekutif Barclaycard Consumer.
"Ini akan memulai revolusi dalam cara kita membayar segala sesuatu saat bepergian," tambah Pippa Dunn, wakil presiden direktur Orange.
Toko lainnya yang mendaftar menggunakan layanan ini antara lain Subway, Little Chef, dan the National Trust. Akhir musim panas ini pengguna juga dapat menggunakannya untuk membayar layanan jalan tol M6 di Inggris.
Giles Ubaghs, seorang analis di Datamonitor berpendapat bahwa layanan ini mungkin akan berkembang lambat. Layanan serupa sudah dikembangkan di Jepang dalam beberapa tahun dan operator DoCoMo NTT menghabiskan banyak untuk membuatnya berjalan dan berkembang.
Buktinya, kata Ubaghs, orang tidak sering menggunakannya. Hanya sekitar 10 persen yang menggunakan fungsi NFC pada ponsel mereka.
Nokia diyakini akan mengeluarkan versi berteknologi NFC dari permainan populer Angry Birds akhir tahun ini.
O2 yang sudah mengujicoba layanan ini juga dilaporkan akan meluncurkan layanannya akhir tahun ini.
Saat Olimpiade digelar diharapkan setiap transaksi, transportasi dan tiket, sudah bisa dibayar dengan teknologi contactless ini.
Sekarang ini terdapat 50 ribu toko di Inggris yang sudah bisa menerima pembayaran melalui perangkat berteknologi NFC. Saat ini terdapat 12,9 juta kartu kredit dan debit yang beredar, demikian dikutip dari BBC.




Terima kasih untuk berkenan membaca isi blog ini, semoga dapat memberikan manfaat yang berarti bagi perkembangan dunia pendidikan kita. Atas segala kekurangannya saya menyampaikan permohonan maaf dan berkenan kiranya untuk meninggalkan komentar atas isi artikel ini. Salam Hormat untuk semuanya
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger