Yusuf Blog News :
Home » » Mengenal Tanaman Indigenous

Mengenal Tanaman Indigenous

Written By INSPIRASI on Saturday, May 7, 2011 | 6:19 PM

Bagi sebagian dari kita mungkin masih asing dengan istilah tanaman indigenous.Apa pula itu tanaman indigenous?Tapi kalau disebut Kenikir, kemangi, katuk ,mmungkin kita banyak yang tahu ya nggak?Nah Kenikir dan teman-teman  itu termasuk tanaman indigenous.So Tanaman indigenous pada prinsipnya adalah spesies sayuran asli Indonesia yang berasal dari daerah atau wilayah atau ekosistem tertentu.
Tapi tak tertutup kemungkinan spesies dari wilayah lain tapi sudah beradaptasi dengan iklim di Indonesia bisa juga disebut tanaman Indigenous.

Selain tanaman yang sudah disebutkan diatas masih ada lagi antaralain :beluntas, mangkokan, kecombrang, kedongong cina, antanan, poh-pohan, ginseng dan krokot.
Terus apa sih istimewanya tanaman indigenous itu?Ternyata sayuran tadi menpunyai senyawa antioksidan alami berupa senyawa fenolik (tokoferol, flavoid, asam fenolat), senyawa nitrogen ( alkaloid, turunan klorofil, asam amino dan amina), atau karotenoid seperti asam askorbat.
Menurut Bradley Bolling; peneliti dari University Boston, AS, antioksidan alami berguna untuk mengurangi akumulasi produk radikal bebas, menetralisir racun, mencegah imflamasi dan melindungi penyakit genetik.

Kenikir
Hampir sebagian kita mengenal tanaman kinikir ya nggak?Kenikir (Cosmos caudatus) sering kita jumpai untuk tanaman di halaman rumah sebagai tanaman pagar.Tanaman ini sebearnya berasal dari Amerika Latin.Tanaman ini mudah tumbuh di Indonesia dan Negara-negara Asia Tenggara.Nama asli Kenikir  adalahyellow ray flower.Kenikir termasuk tanaman perdu dengan tinggi antara 75 – 100 cm.Berbatang tegak segi empat, beralur membujur, bercabang banyak, beruas berwarna hijau keunguan.Daunnya majemuk, bersilang berhadapan, berbagi menyirip, ujung runcing, tepi rata denga panjang sekitar 15-25 cm berwarna hijau.Bunganya berbentuk bongkol diujung batang berwarna hijau kekuningan.
Kenikir sering dijadikan pelengkap sayuran pada pecel atau dijadikan lalap atau trancam.Aroma kinikir khas, sedikit wangi dan rasa agak getir.

Kandungan Kenikir

Kenikir antaralain mengandung saponin, flavonida polifenol dan minyak atsiri.Akarnya mengandung hidroksiugenol dan koniferil alcohol (fuzzati et al, 1995).Kenikir juga mengandung senyawa yang memiliki daya antioksidan yang tinggi.

Kenikir Sebagai tanaman obat
  1. Untuk menambah nafsu makan.Caranya cuci 100 gram daun kenikir segar, lalu makan sebagai lalap mentah
  2. Lemah jantungCuci 100 gram daun kenikir segar, kemudian makan sebagai lalap mentah atau daun kenikir tersebur dikukus setengah matang, kemudian makan.Cara lain rebus daub kenikir dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas.Minum air hasil rebusannya.Lakukan 2 kali sehari atau sesuai kondisi kesehatan anda.

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger