Yusuf Blog News :
Home » » Jahe

Jahe

Written By INSPIRASI on Saturday, May 7, 2011 | 6:23 PM

Minuman apa yang paling dicari dikala musim hujan seperti sekarang ini sobat?Betul…minum yang hangat seperti kopi, teh hangat, susu dan jahe. Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah..
Jahe memiliki rasa yang khas yaitu pedas (pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron ) yang memberikan efek hangat pada tubuh dan agak sedikit pahit bila terlalu kental.Agar tidak terlalu terasa pedas dan pahit maka jahe sering dicampur dengan berbagai minuman misalnya kopi jahe, susu jahe dan teh jahe.

Di daerah Jawa Tengan banyak jenis minuman yang berbahan baku jahe sepertiWedang ronde, bajigur (minuman jahe dicampur santan kelapa dan ditaburi potongan-potongan kelapa muda),bandrek, sekoteng dll

Ada beberapa cara untuk membuat minuman jahe, Yang pertama biasanya rimpang jahe kita memarkan dengan cara dipukul-pukul, kemudian direbus.Cara kedua biasanya sebelum direbus, jahe di bakar lebih dahulu untuk mengeluarkan semacam minyak yang terkandung didalamnya baru kemudian direbus.Konon dengan dibakar dulu khasiat jahe akan semakin terasa.

Jahe diperkirakan berasal dari India. Namun ada pula yang mempercayai jahe berasal dari Republik Rakyat Cina Selatan. Dari India, jahe dibawa sebagai rempah perdagangan hingga Asia Tenggara, Tiongkok, Jepang, hingga Timur Tengah. Kemudian pada zaman kolonialisme, jahe yang bisa memberikan rasa hangat dan pedas pada makanan segera menjadi komoditas yang populer di Eropa.

Karena jahe hanya bisa bertahan hidup di daerah tropis, penanamannya hanya bsia dilakukan di daerah katulistiwa seperi Asia Tenggara, Brasil, dan Afrika. Saat ini Equador dan Brasil menjadi pemasok jahe terbesar di dunia.

 Khasiat Tanaman Jahe

  1. Untuk mengusir ‘hawa dingin’ atau ‘ racun’ dan mengurangi rasa mual. Untuk meredakan mual, jahe segar ditambah sedikit madu.
  2. Untuk menyembuhkan nyeri lambung , nyeri perut, diare, batuk .
  3. Untuk meredakan sakit rematik: yaitu jahe ditumbuk halus kemudian dibebatkan pada kaki yang sakit rematik.
  4. Untuk mengobati  asma, batuk dan rasa nyeri yang hebat dan mendadak.
  5. Untuk mengatasi jantung berdebar-debar, gangguan pencernaan, nafsu makan menurun dan rematik bahkan batuk, sari jahe di campur jus bawang putih segar dan madu.

 
Bubuk jahe segar juga bisa di campur air, kemudian di aduk hingga berbentuk pasta dan dioleskan di pelipis untuk meredakan sakit kepala. 

Jahe juga bermanfaat untuk sirkulasi darah. Tumbuhan rimpang ini memiliki khasiat antikoagulan (anti pembekuan darah) yang lebih hebat dari pada bawang putih atau bawang merah.

Jahe juga mampu menurunkan kadar kolesterol karena bisa mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah dan hati. Penelitian yang dilakukan oleh ahli-ahli di jepang memperlihatkan bahwa jahe dapat menurunkan tekanan darah dengan jalan mengurangi laju aliran darah perifer (aliran drah tepi).

dari berbagai sumber al wikipedia dll

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger