Yusuf Blog News :
Home » » Bermula dari Cinta Matematika

Bermula dari Cinta Matematika

Written By INSPIRASI on Wednesday, May 25, 2011 | 7:43 PM

KASPERSKY merupakan sistem manajemen konten keamanan peringkat keempat terbesar di dunia menyaingi Symantec, McAfee dan Trend Micro Inc. Perusahaan berbasis di Rusia ini dianggap sebagai perangkat lunak start-up tersukses. Presiden Rusia Dmitry Medvedev pun mengunjungi Kaspersky Lab tahun lalu untuk mempertunjukkan keberhasilan perusahaan itu dimata investor internasional. 


Sebenarnya siapakah dibalik kesuksesan perusahaan yang memiliki saham 20% sebesar US$200 juta dari General Atlantic, yaitu grup ekuitas pribadi di Amerika Serikat ini? 



Dialah Eugene Kaspersky. Cintanya pada pelajaran matematika menentukan masa depannya. Salah satu hobi ketika sekolah adalah memecahkan masalah yang diterbitkan dalam jurnal matematika. 



Tahun-tahun terakhirnya di SMU, ia selalu menghadiri kelas ekstrakurikuler fisika dan matematika di sebuah program khusus yang diselenggarakan oleh Moscow Institute of Physics and Technology. Selain itu Eugene juga mengambil program khusus siswa berbakat berafiliasi dengan Moskow State University. 



Awam menganalisis virus komputer 



Pada 1987 setelah lulus dari Institute of Cryptography, Telecommunications and Computer Science, Eugene mulai bekerja di lembaga penelitian multi-disiplin. Di sanalah ia pertama belajar virus komputer setelah mendeteksi virus Cascade di komputer tahun 1989. 



Saat itu Eugene menganalisis virus dan mengembangkan utilitas disinfeksi untuk memindai dan membersihkan virus sehingga menjadi utilitas pertama yang dikembangkan. Lalu ia mengumpulkan program berbahaya dan modul disinfeksi. 



Koleksi penelitiannya itulah yang menjadi dasar database antivirus yang terkenal yaitu Kaspersky Anti Virus. Dan saat ini database itu mencakup lebih dari 4 juta catatan dan merupakan salah satu database antivirus terlengkap di dunia. 



Ketika bergabung dengan Pusat Teknologi Informasi KAMI, Eugene dan rekannya mengembangkan proyek antivirus AVP yang menjadi prototipe Kaspersky Anti Virus. Akhirnya tahun 1994, AVP memenangkan kontes yang dilakukan laboratorium uji di Hamburg University dengan menunjukkan tingkat deteksi virus lebih tinggi daripada program antivirus terpopulet saat itu. 



Setelah itu, pada 1997, Eugene dan rekannya memutuskan mendirikan perusahaan independen dan menjadi pendiri Kaspersky Lab. 



Keberhasilan Eugene bersama Kaspersky Lab membuatnya memenangkan hadiah dari Federasi Rusia. Dan 2010, Eugene menerima penghargaan CEO of the year dari SC Magazine Europe.



Sumber : Media Indonesia
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger