Yusuf Blog News :
Home » » Rambutan

Rambutan

Written By INSPIRASI on Friday, May 6, 2011 | 6:51 AM

Rambutan
(Rambutan (Ingg.), Nephelium lappaceum L. (Latin))
Deskripsi:
  • Famili Sapindaceae.  Tanaman asli Indonesia dan Malaysia. Di Indonesia tanaman rambutan menyebar dari dataran rendah hingga ketinggian 600 m dpl dengan iklim basah merata sepanjang tahun sampai tipe iklim yang memiliki 1-3 bulan kering.  Tanaman rambutan dapat mencapai ketinggian 12-15 m. Batang bulat atau bulat tidak teratur dengan warna kelabu kecoklatan, bercabang banyak dan lurus berdiameter 40-60 cm.  Tajuk pohon bulat, jorong, piramida, tumpul, melebar, tidak teratur atau ujungnya terbuka, tampak hijau merimbun.
Beberapa varietas unggul rambutan yang telah dikembangkan:
  • Rambutan Binjai
    Asal dari Pasarminggu. Tinggi tanaman 6-7 m (bibit asal cangkok).  Tajuk pohon 10-12 m.  Bentuk daun bulat panjang dengan ujung tumpul.  Warna daun hijau tua. Bentuk buah agak lonjong dengan rambut panjang, jarang dan kesat dengan warna rambut merah dan ujung hijau.  Warna kulit buah matang merah tua.  Daging buah ngelotok dengan kulit biji melekat.  Rasa buah manis agak kering.  Berat buah sekitar 30 g dengan produksi per pohon 40-68 kg.
  • Rambutan Sirapeah (Rapiah)
    Asal dari Pasarminggu.  Tinggi tanaman 6.5-7.5 m (asal cangkok). Tajuk pohon 10-11 m. Bentuk daun bulat panjang dengan ujung tumpul berwarna hijau tua.  Bentuk buah bulat memmpunyai pelat dengan rambut sangat pendek, agak jorong dan keras.  Warna kulit buah matang hijau kekuningan dengan warna rambut hijau dengan ujung kemerahan.  Daging buah ngelotok, kulit biji agak melekat, rasa manis.  Berat buah sekitar 20 g dengan produksi per pohon 18-30 kg.
  • Rambutan Lebak Bulus
    Asal dari Pasarminggu.  Tinggi tanaman 5-10 m dengan tajuk pohon 6-8 m.  Bentuk daun bulat panjang dengan ujung runcing.  Warna daun hiaju tua.  Bentuk buah bulat dengan rambut panjang jarang dan halus.  Warna rambut merah dengan ujung kekuninga.  Warna kulit buah matang merah.  Daging buah ngelotok, kulit biji melekat dengan rasa manis berair.  Berat buah sekitar 25 g dengan produksi/pohon 50-100 kg.
  • Rambutan Sibongkok
    Asal Sungai Lulut, Kalimantan Selatan.  Tinggi tanaman 6-8 m.  Tajuk pohon 5-7 m.  Bentuk daun bulat panjang dengan ujung meruncing berwarna hijau tua.  Bentuk buah merah tua kecoklatan, dengan warna rambut merah tua.  Daging buah ngelotok dengan kulit biji agak melekat.  Rasa manis agak kering.  Berat buah 50-60 g dengan produksi/pohon 175-225 kg.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger