Yusuf Blog News :
Home » » Tokoh : Conrad Hilton

Tokoh : Conrad Hilton

Written By INSPIRASI on Sunday, May 1, 2011 | 1:24 AM

Conrad Nicholson Hilton adalah pengusaha populer asal Amerika Serikat yang bergerak dalam bisnis perhotelan. Ia pendiri jaringanHotel Hilton yang tersebar hampir di seluruh Negara di dunia. Lahir 25 Desember 1887 di San Antonio, New Mexico dan meninggal pada usia 90 tahun Januari 1979. Hilton anak kedua dari delapan bersaudara,. Ayahnya seorang imigran dari Oslo (Norwegia) bernama Augustus Hover Hilton. Hilton pindah ke Amerika tahun 1960 dan tinggal di Fort Dodge, Iowa. Sebelum meninggal, Hilton telah berhasil membangun jaringan hotel sebanyak 185 hotel di Amerika Serikat dan 75 hotel lainnya di luar Amerika.

Conrad Hilton telah mengukir namanya dalam sejarah. Pada tahun 1965, usaha perhotelan Hilton memiliki 61 buah hotel di 19 negara mencapai 40.000 kamar dan tenaga karyawan mencapai 40.000 orang. Hilton sendiri menguasai 30 persen dari penerimaan besar yang diperkirakan mencapai $500.000 juta lebih. Inilah gambaran jelas tentang prinsip Hilton : Percayalah kepada cita-cita Anda, tujuan Anda dan kepada Tuhan. Formula di atas merupakan ringkasan dari karier hebat Conrad Hilton, salah seorang raja perhotelan paling besar dan paling kaya di dunia.

Usaha Hilton bermula dari gagasanya tentang bagaimana jika enam kamar tidur dirumahnya disetting sedemikian rupa hingga menjadi hotel. Setiap kota pasti membutuhkan hotel. Jutaan orang akan mendatangi kota-kota besar untuk berbagai kepentingan, bisnis dan segala macam urusan. Mereka tentu membutuhkan tempat menginap, tempat istirahat selama di kota tersebut. Ide ini kemudian ia wujudkan dengan perjuangan dan kerja keras. Ia menyulap rumahnya menjadi hotel. Ibu dan saudara-saudara perempuannya mengurus hotel sedangkan dia dan ayahnya tetap bekerja di toko.

Setelah toko tutup pada jam 6 sore, Hilton makan malam kemudian langsung istirahat. Tengah malam ia bangun menjemput penumpang kereta jam 1 dini hari. Hilton mengurusi barang-barang para tamu, mendaftar mereka, mengecek segala kebutuhan mereka seperti selimut, sabun dan handuk, mencatat sarapan yang mereka inginkan di pagi hari dan jam berapa mereka minta dibangungkan. Ia mengirimkan catatan tersebut kepada ibunya, kemudian kembali ke station untuk menyambut kereta jam 3 pagi. Jika tamu terakhir telah mendapat penginapan, Hilton istirahat lagi sampai jam 7 pagi. Setelah bangun, ia melayani para tamu, lalu kembali membuka toko.

Penginapan San Antonio kemudian dikenal luas hanya enam minggu setelah resmi dibuka, bahkan sampai ke kota Chicago. Penginapan Hilton sangat terkenal dengan pelayanan yang memuaskan. Suatu pelajaran penting telah didapatkan Conrad Hilton. Ia selalu bekerja keras dan lama untuk berhasil. Sampai kematiannya, ia berkata bahwa ia tidak mau dibayar sejuta dolar sebagai tukaran segala sesuatu yang telah dipelajarinya selama ini.

Keberhasilan “hotel” pertama Hilton memungkinkan dia menuntut pendidikan di New Mexico School of Mines pada tahun 1907. masa ini menandai suatu titik balik dalam hidupnya. Dalam waktu dua tahun, Gus sudah bangkit lagi. Ia mulai sibuk dalam usaha real estate di Hot Spring, New Mexico. Ia bermimpi tentang membuka sebuah bank, dan ia telah membeli tanah untuk membangun rumah. Tanah itu terletak di Sorocco, tempat berdirinya Chool of Mines. Hilton membenci kota itu. Ayahnya memberi dia pilihan untuk tetap di San Antonio dengan mengurusi toko, sementara seluruh keluarga berpindah ke Sorocco. Hilton tahu bahwa saudara-saudara perempuannya akan lebih mungkin berhasil di kota itu, maka ia setuju. Inilah awal masa magangnya dalam dunia bisnis.

Hilton terkenal dengan prinsipnya yaitu “tunjukkan sikap hormat kepada siapapun”. Prinsip ini akhirnya melahirkan rangkaian hotel Caribe-Hilton di Peurto Rico. Dalam urusan bisnisnya di luar negeri pun, Hilton menerapkan tiga prinsip seperti di dalam negeri: Tanamkan modal sendiri, Perlakukan bankir-bankir sebagai teman, Berikan manajer hotel saham dalam perusahaan.

Hilton lebih suka menawarkan kemitraan kepada para investor luar dalam hotel-hotelnya. Mereka dibebani membeli tanahnya dan membiayai pembangunannya. Hilton memberikan bantuan teknis dan membantu pengoperasian hotel. Lalu kedua pihak menandatangani kontrak sewa bersama atau kontrak manajemen bersama. Personil, yang disaring dan dipilih dengan teliti dari tenaga setempat, diundang untuk meningkatkan kemahiran mereka di hotel-hotel Hilton di Amerika Serikat.

Hotel-hotel muncul di mana-mana di luar negeri. Maka didirikanlah Hilton International Corporation pada tahun 1948. Badan ini berdiri sendiri, terpisah dari badan induknya, tetapi Hilton memegang pimpinan sebagai presiden dan ketua direksi. Operasi hotel Hilton di luar negeri memenuhi dua cita-cita Hilton: pertama membantu orang Amerika berhubungan dengan bagian dunia yang lain sehingga membuat mereka lebih bertoleransi, dan kedua, dan kedua, hotel-hotel ini memungkinkan dunia lain mengenal Amerika dan warganya. Tokoh-tokoh terkenal membantu penyediaan dana bagi Hotel Hilton yang terdapat di mana-mana di luar negeri. Shah Iran dengan Yayasan Pahlavinya memiliki sebuah Hotel Hilton. Howard Hughes juga mempunyai hubungan dengan hotel itu lewat Trans World Airlines. Pada bulan Mei 1967, Hilton International menjadi suatu cabang TWA. Pada waktu itu, Hilton telah mengundurkan diri dari bisnis yang telah dibangunnya dengan modal seadanya.

Walaupun dalam bisnis sangat sukses, dalam kehidupan pribadinya Hilton tidaklah begitu bahagia. Ia dan istri pertamanya, Mary Barron, mempunyai tiga anak laki-laki, Nick, Barron, dan Eric. Ketika anak terkecil lahir pada tahun 1933, Hilton sedang kehabisan tenaga akibat beban kerja keras. Perkawinannya berantakan. Selanjutnya ia kawin dengan Zsa-Zsa Gabar, tetapi perkawinan ini tak berumur panjang. Perkawinan ketiganya lebih tenang. Pada tahun 1976, pada usia 89 tahun, ia menikah dengan Mary France Kelly. Wanita itu berumur 20 tahun di bawah dia dan merupakan sahabat sejak lama.


Referensi:www.gbiografi.com
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger