Yusuf Blog News :
Home » , , » Asupan Makanan Redakan Nyeri Menjelang Haid

Asupan Makanan Redakan Nyeri Menjelang Haid

Written By INSPIRASI on Wednesday, May 16, 2012 | 7:40 AM


Premenstrual Syndrome (PMS) lumrah dialami setiap wanita. Dari mulai mood yang tidak menentu, muncul jerawat, pinggang pegal-pegal, payudara membengkak, naiknya berat badan hingga kram perut yang seringkali menghambat aktifitas. Rupanya PMS yang dirasakan setiap wanita tersebut ternyata berkaitan erat dengan asupan makanan yang dikonsumsi. Mulai sekarang perhatikan apa saja yang dikonsumsi saat PMS untuk meredakan ketidaknyamanan yang Anda rasakan menjelang dan saat haid.

Konsumsi sayur & buah
Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan segar terutama menjelang haid. Pisang dengan kandungan vitamin B6 mampu mengurangi gejala PMS seperti payudara yang menegang ataupun mood yang berubah-ubah. Nanas yang kaya akan vitamin A, B dan C mampu meredakan problem perut kembung dan juga kram.

Konsumsi kalsium & vitamin C
Jeruk, mangga, papaya, strawberry, brokoli, semangka, tomat, kembang kol dan susu adalah beberapa contoh makanan/minuman yang kaya akan kalsium dan vitamin C. Tambahkan mereka dalam menu makanan Anda untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Hindari makanan gurih
Untuk sementara kurangi makanan gurih, asin apalagi yang mengandung MSG, seperti keripik, kentang goreng, kacang-kacangan atau makanan berempah lainnya. Kandungan garam yang terlalu tinggi akan mempercepat proses pelepasan air berlebih di dalam tubuh, sehingga tubuh akan menjadi mudah lemas.

Konsumsi zat besi
Saat haid, Anda mengeluarkan banyak darah kotor yang seringkali menyebabkan tubuh lemas. Konsumsi vitamin penambah darah atau sayuran berwarna hijau, telur, daging sapi, ati ayam, ikan, atau oatmeal yang kaya akan zat besi berkhasiat untuk menambah darah merah dalam tubuh.

Minum air putih hangat
Atasi perut kram dengan perbanyak minum air putih hangat. Suhu suam-suam kuku dari air putih yang Anda minum mampu memperlancar aliran darah. Hindari pula minuman yang mengandung kafein, alkohol, gula, atau es yang justru akan membekukan aliran darah.(pfa/photos:ist)


Terima kasih untuk berkenan membaca isi blog ini, semoga dapat memberikan manfaat yang berarti bagi perkembangan dunia pendidikan kita. Atas segala kekurangannya saya menyampaikan permohonan maaf dan berkenan kiranya untuk meninggalkan komentar atas isi artikel ini. Salam Hormat untuk semuanya
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger