Yusuf Blog News :
Home » , » Mengenal Organ Jantung Manusia

Mengenal Organ Jantung Manusia

Written By INSPIRASI on Saturday, August 6, 2011 | 7:01 PM

Jantung manusia dan mammalia lainnya memiliki 4 ruangan, yakni serambi kiri atau atrium sinister, serambi kanan atau atrium dekster, bilik kiri atau ventrikel sinister, dan bilik kanan atau ventrikel dekster. Jantung berfungsi memompakan darah, bagian luar jantung terbungkus oleh suatu selaput yang disebut perikardium.
Dinding atrium lebih tipis daripada dinding ventrikel. Adapun dinding ventrikel kiri lebih tebal daripada dinding ventrikel kanan. Hal ini disebabkan ventrikel kiri memerlukan kekuatan yang lebih besar untuk memompakan darah ke seluruh tubuh. Antara atrium kiri dan atrium kanan dipisahkan oleh sekat yang memisahkan ventrikel kiri dan kanan dinamakan septum intervenrikularis. Ketika embrio, sekat antara atrium belum tertutup secara sempurna. terdapat lubang yang dinamakan foramen ovale.
Sekat pemisah antara atrium ventrikel dinamakan septum atrioventrikularis. Jantung memiliki katup yang dinamakan valvula. Katup jantung yang berada di antara atrium kanan dan venrikel kanan dinamakan valvula trikuspisalis. Sementara itu katup antara atrium kiri dan vebtrikel kiri dinamakan valvula bikuspidalis. Fungsi katup jantung adalah menjaga darah dalam jantung agar tidak kembali ke tempat semula. pada aorta, terdapat katup yang dinamakan valvula semilunaris. Katup jantung dihubungkan dengan otot jantung oleh suatu jaringan ikat yang dinamakan korda tendinae.
Denyut jantung
Denyut jantung terjadi secara spontan. Gerakan-gerakan otot jantung menghasilkan detak atau denyut jantung. Dinding jantung terdiri atas 3 bagian, dari luar ke dalam, yakni epikardium, mikardium dan endokardium. Saraf yang mempengaruhi kerja jantung adalah saraf kembara atau nervus vagus. Pembuluh darah yang memberi makan sel-sel jantung adalah arteri koronaria.
Jika jantung dikeluarkan dari tubuh, kontraksi jantung bersifat termolabil, artinya kontraksi jantung dipengaruhi oleh suhu dan lingkungan. Pada suhu tinggi, kontraksi otot jantung cepat, sedangkan jika suhu rendah, kontraksi otot jantung lambat.
Jantung vertebrata mempunyai pacu jantung yang disebut simpul SA (sinoaurikularis). Simpul SA terletak sekitar impuls dari simpuls SA akan diteruskan ke seluruh atrium oleh serat Hiss yang berakhir pada simpuls AV (atrioventrikularis). Simpul AV berada pada pertemuan septum atrioventrikularis dengan septum interventrikularis. Impuls dari simpul AV disebarkan ke seluruh ventrikel oleh serat Purkinje.
Dengan demikian, kedua ventrikel itu berdenyut atau berkontraksi secara bersama-sama. Setipa detak jantung menghasilkan tekanan yang mendesak ke arteri. Desakan ini dapat dirasakan pada arteri di pergelangan tangan dan leher. 


Terima kasih untuk berkenan membaca isi blog ini, semoga dapat memberikan manfaat yang berarti bagi perkembangan dunia pendidikan kita. Atas segala kekurangannya saya menyampaikan permohonan maaf dan berkenan kiranya untuk meninggalkan komentar atas isi artikel ini. Salam Hormat untuk semuanya
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger