Yusuf Blog News :
Home » , » Garam Ternyata Bisa jadi Candu

Garam Ternyata Bisa jadi Candu

Written By INSPIRASI on Thursday, August 25, 2011 | 12:54 AM

Bukan hanya rokok dan narkotika saja yang bisa membuat Anda ketagihan. Garam ternyata juga memiliki efek yang sama, sebuah studi menyebutkan. 
Para ilmuwan yang tergabung dalam sebuah penelitan mengklaim bahwa kecanduan terhadap garam merangsang otak seperti halnya kecanduan terhadap obat-obatan keras atau rokok. 
Mereka menemukan bahwa keinginan menyantap garam memicu gen, sel-sel otak dan koneksi otak yang sama seperti keinginan terhadap obat-obatan dan alkohol. 
Temuan ini dapat membantu menjelaskan mengapa banyak orang yang kesulitan mengurangi asupan garam. Meskipun, mereka menyadari adanya bahaya tekanan darah dan kesehatan jantung. 
Seperti dikutip dari Dailymail, untuk studi ini, ilmuwan Australia dan Amerika melakukan penelitian terhadap tikus yang diatur menjalani diet rendah garam.Aktivitas dalam otak kemudian dibandingkan dengan pada tikus yang makan secara normal. Mereka juga mempelajari otak tikus yang telah kelaparan akan garam selama tiga hari dan kemudian diberi air asin untuk diminum. 
Ketika tikus itu masih membutuhkan garam, sel-sel otak memicu protein yang biasanya berhubungan dengan kecanduan zat seperti heroin, kokain, dan nikotin. 
"Dalam studi ini, kami menunjukkan bahwa salah satu naluri klasik, keinginan mengasup garam, memicu syaraf yang juga berkaitan dengan kecanduan opiat dan kokain," kata Prof Derek Denton, dari University of Melbourne. 
Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa setelah asupan garam dikurangi, otak percaya bahwa kebutuhan itu telah dipenuhi sebelum terpenuhi secara fisik. 
Dengan kata lain, perubahan yang disebabkan oleh keingianan menyantap garam akan menghilang jauh sebelum garam bisa meninggalkan usus, memasuki darah, dan sampai ke otak.

Sumber : inilah.com

Terima kasih untuk berkenan membaca isi blog ini, semoga dapat memberikan manfaat yang berarti bagi perkembangan dunia pendidikan kita. Atas segala kekurangannya saya menyampaikan permohonan maaf dan berkenan kiranya untuk meninggalkan komentar atas isi artikel ini. Salam Hormat untuk semuanya
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger