Yusuf Blog News :
Home » » Willis Carrier - Penemu AC

Willis Carrier - Penemu AC

Written By INSPIRASI on Saturday, August 6, 2011 | 7:33 PM


Willis Carrier adalah pencipta sekaligus pemegang hak paten peralatan pengatur suhu udara (Air Conditioner alias AC). Atas inovasinya, AC sekarang sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Awalnya rintisan alat pengatur udara (AC) ditujukan untuk pendinginan mesin indutri, namun ia berhasil mengembangkan AC menjadi produk global dengan berbagai variasi penggunaan. Selain AC ia juga mengembangkan pemanas udara, dan sistem ventilasi.

 Biodata
Nama
Willis Carrier
Kelahiran
New York 26 November 1876
Meninggal
New York, 1950
Pendidikan terakhir
Universitas Cornell
Riwayat pekerjaan
  1. Tahun 1901 bekerja di Buffalo Forge Co
  2. Tahun 1906 memperoleh hak paten peralatan pengatur udara
  3. Tahun 1915 mendirikan Carrier Engenering Corp
  4. Tahun 1922 mesin pendingin sentrifugal diperkenalkan
  5. Tahun 1939 menemukan sistem pendingin udara di gedung-gedung pencakar langit
  
Willis Carrier lahir di New York As, 26 November 1876 dan meninggal di New York AS tahun 1950. Pendidikan terakhir ia peroleh dari Universitas Cornell sebelum bekerja sebagai insinyur terkemuka yang mengembangkan risetnya dalam peralatan pengaturan udara. Ia keturunan petani dan tumbuh dalam lingkungan yang serba kekurangan namun memiliki bakat kecerdasan yang luar biasa.

Setelah tamat kuliah ia bekerja di perusahaan pemanas udara Buffalo Forge Co. Karirnya cukup cemerlang hingga tidak membutuhkan waktu lama ia telah menduduki jabatan penting di perusahaan. Namun pada tahun 1914 perusahaan tempatnya bekerja tutup sehingga ia terpaksa keluar dan memulai usaha sendiri bersama Irvine Lyle seorang rekan kerja di perusahaannya. Pelanggan pertama Carrier adalah sebuah perusahaan percetakan yang mengalami hambatan produksi karena warna yang dihasilkan sangat kacau akibat kelembaban dan suhu yang menyebabkan kertas mengembang dan mengkerut. Carrier berhasil mengatasi masalah ini dengan cara mengontrol kelembaban udara.

Tahun 1906 sebuah perusahaan pemintalan di Carolina mengalami masalah yang berbeda mengenai pengontrolan suhu mesin pemintal. Kumparan mesin berputar cepat hingga dalam beberapa menit menjadi sangat panas sehingga perusahaan memintanya mengatasi suhu mesin yang terlampau tinggi. Pada masa 20 tahun pertama, AC hanya digunakan untuk mendinginkan mesin-mesin. Namun inovasinya makin berkembang hingga hotel, rumah, bioskop dan gedung-gedung akhirnya menggunakan produk-produk AC. Carrier tidak hanya dikenal sebagai insinyur jenius, namun ia juga piawai dalam hal keuangan dan perbankan. Ia meninggal pada usia 73 tahun menikah tiga kali dan mengadopsi dua anak. 


Diambil dari Buku 100 tokoh abad 20
Penerbit Nuansa


Terima kasih untuk berkenan membaca isi blog ini, semoga dapat memberikan manfaat yang berarti bagi perkembangan dunia pendidikan kita. Atas segala kekurangannya saya menyampaikan permohonan maaf dan berkenan kiranya untuk meninggalkan komentar atas isi artikel ini. Salam Hormat untuk semuanya
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger