Yusuf Blog News :
Home » » China, Cina, atau Tionghoa?

China, Cina, atau Tionghoa?

Written By INSPIRASI on Friday, August 12, 2011 | 1:25 AM


Forum Bahasa Media Massa (FBMM) dan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Jumat (12/8/2011)  mulai pukul 14.00 dan diakhiri dengan buka puasa bersama, menggelar diskusi bahasa mengenai China, Cina, Tionghoa, atau Tiongkok. Diskusi digelar di Wisma Antara, Jakarta.
Dalam soal penulisan China, menurut Ketua Umum FBMM TD Asmadi, media massa beragam sikapnya. Ada media massa seperti Kompas, yang menuliskan dengan China.
Namun, ada pula media massa yang menuliskan dengan Cina, Tionghoa, atau bahkan Tiongkok.
Pembicara diskusi itu adalah Direktur Utama PT PLN Dahlan Iskan, budayawan Remy Sylado, serta perwakilan Kedutaan Besar Republik Rakyat China, Kementerian Luar Negeri, dan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Direktur Utama Antara Ahmad Mukhlis Yusuf akan memberikan pidato pembukaan.
Dahlan Iskan adalah orang yang memperkenalkan penggunaan kata Tiongkok untuk menyebut China. Menurut Asmadi, dari diskusi itu diharapkan diketahui latar belakang pembedaan cara penulisan China dan mengetahui sesungguhnya pengistilahan yang tepat. 



Terima kasih untuk berkenan membaca isi blog ini, semoga dapat memberikan manfaat yang berarti bagi perkembangan dunia pendidikan kita. Atas segala kekurangannya saya menyampaikan permohonan maaf dan berkenan kiranya untuk meninggalkan komentar atas isi artikel ini. Salam Hormat untuk semuanya
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger