Yusuf Blog News :
Home » , » Paprika & Kayu Manis untuk Kurangi Kolesterol

Paprika & Kayu Manis untuk Kurangi Kolesterol

Written By INSPIRASI on Friday, August 12, 2011 | 8:28 PM


MAKANAN yang mengandung kolesterol umumnya bercita rasa enak. Namun jangan salah, makanan berlemak yang mengandung kolesterol buruk untuk kesehatan. Agar terhindar dari kolesterol jahat namun tetap bisa mengudap makanan berlemak, sebaiknya tambahkan rempah-rempah seperti kunyit dan kayu manis.

"Makan berlemak terlalu sering akan membuat kadar trigliserida (kolesterol jahat) menjadi terlalu banyak sehingga risiko penyakit jantung meningkat. Kami menemukan bahwa dengan menambahkan rempah-rempah dalam makanan tinggi lemak dapat mengurangi trigliserida sekira 30 persen dibandingkan makanan yang sama namun tanpa rempah-rempah," kata Sheila West, peneliti Penn State University seperti dikutip Dailymail, Sabtu (13/8/2011).

Untuk membuktikan hal tersebut, West dan timnya memberikan makanan selama 2 hari kepada 6 pria berusia 30-65 tahun yang mengalami obesitas namun sehat. Peneliti lalu menambahkan 2 sendok makan rempah-rempah kuliner ke dalam makanan yang hendak diteliti. Pada kelompok lain makanannya tidak ditambahkan rempah-rempah. Setelah itu darah dari partisipan diambil setiap 30 menit selama tiga jam.

"Dalam makanan berbumbu kami menggunakan rosemaryoregano, kayu manis, kunyit, lada hitam, cengkih, bawang putih bubuk dan paprika. Kami memilih rempah-rempah ini karena mereka mempunyai aktivitas antioksidan yang kuat," ungkap Ann Skulas-Ray, salah satu peneliti.

Ketika mengudap makanan yang memiliki campuran rempah-rempah antioksidan, diperoleh hasil aktivitas antioksidan dalam darah meningkat sebesar 13 persen dan respons insulin menurun sekira 20 persen.

West menyebutkan, banyak ilmuwan berpikir bahwa tekanan oksidatif berkontribusi untuk penyakit jantung, arthritis dan diabetes. Tapi antioksidan seperti rempah-rempah penting untuk mengurangi tekanan oksidatif sehingga mengurangi risiko penyakit kronis.

Lebih lanjut West mengungkapkan, dosis rempah-rempah yang digunakan setara dengan antioksidan yang terkandung dalam 5 ons anggur merah atau 1,4 ons cokelat hitam.

Skulas-Ray memastikan, bahwa menambahkan dua sendok makan rempah-rempah dalam makanan tidak akan membuat orang sakit perut.

"Mereka menikmati makanan dan tidak memiliki masalah pencernaan. Tapi para peserta diberitahu sebelumnya bahwa mereka akan makan makanan yang dibumbui dan mereka bersedia untuk melakukannya," tutupnya.

Penelitian ini dimuat dalam Journal of Nutrition edisi terbaru dan didukung oleh McCormick Science Institute dan National Institute of Health di Amerika Serikat.


Penelitian ini dimuat dalam Journal of Nutrition edisi terbaru dan didukung oleh McCormick Science Institute dan National Institute of Health di Amerika Serikat.


Terima kasih untuk berkenan membaca isi blog ini, semoga dapat memberikan manfaat yang berarti bagi perkembangan dunia pendidikan kita. Atas segala kekurangannya saya menyampaikan permohonan maaf dan berkenan kiranya untuk meninggalkan komentar atas isi artikel ini. Salam Hormat untuk semuanya
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger