Yusuf Blog News :
Home » , » Penyakit Pada Sistem Saraf

Penyakit Pada Sistem Saraf

Written By INSPIRASI on Saturday, August 6, 2011 | 7:07 PM


Sistem saraf pada manusia dapat mengalami kelainan atau penyakit.Penyakit pada sistem saraf.
Penyebabnya dapat berasal dari lingkungan luar atau dari dalam tubuh. Penyebab penyakit pada sistem saraf dapat disebabkan oleh mikroorganisme, seperti bakteri, jamur, tolsoplasma dan virus.
Penyakit Pada Sistem Saraf
Penyakit Pada Sistem Saraf
Transeksi
Transeksi adalah kerusakan sebagian atau seluruh segmen tertentu dari sumsum tulang belakang. Kerusakan tersebut dapat diakibatkan, misalnya terjatuh atau benturan keras. Apabila sumsum tulang belakang mengalami transeksi pada bagian di dekat kepala, dapat menimbulkan kematian. gangguan pada sumsum tulang belakang dibagian dekat kepala dapat mengganggu saraf-saraf pernapasan. Adapun transeksi pada sumsum tulang belakang bagian bawah, dapat menimbulkan kelumpuhan.
Neuritis
Neuritis merupakan peradangan pada saraf. Peradangan ini bisa diakibatkan oleh tekanan, benturan, pukulan, patah tulang, maupun kekurangan vitamin B.
Parkinson
Parkinson merupakan penyakit akibat berkurangnya neurotransmiter dopamin pada basal ganglia (nukleus otak besar). gejala penyakit parkinson adalah tangan gemetar, sulit bergerak, dan kekakuan otot. Parkinson biasanya diderita pada orang yang berusia 40 tahun keatas.
Stroke
Penyakit stroke diakibatkan matinya sel-sel otak akibat terganggunya aliran darah di otak. gangguan aliran darah otak biasanya disebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Penyakit stroke memiliki gejala yang beragam tergantung beratnya penyakit, misalnya hanya pusing saja, sulit berbicara, pingsang, bahkan sampai kelumpuhan atau kematian.
Epilepsi
Epilepsi adalah suatu penyakit akibat dilepaskannya letusan-letusan listrik (impuls) pada neuron-neuron di otak. Epilipsi dibagi menjadi 3 jenis, yakni grand mal, psikomotor, dan petit mal. Grand mal adalah gangguan pada daerah motoris dan kesadaran sehingga kejang-kejang dan hilang kesadaran. Psikomotor merupakan gangguan pada lobus temporalis sehingga menimbulkan gangguan mental. Adapun Petit Mal adalah gangguan pada hipotalamus sehingga menyebabkan kehilangan kesadaran selama beberapa detik.
Sakit Kepala
Sakit kepala merupakan penyakit yang sering diderita oleh orang banyak. Sakit kepala dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya:
  • Kelainan pada tempurung, seperti tulor otak;
  • gangguan-gangguan pada pembuluh darah, komposisi darah dan saraf;
  • kelainan pada organ diluar tempurung kepala, seperti sinusitis, gangguan mata, rasang telinga, sakit gigi, dan hidung.
  • pada saat setelah gegar otak;
  • faktor psikologis.
Rabies
Rabies adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Virus tersebut ditularkan oleh air liur hewan melalui gigitan terhadap manusia. Hewan yang biasa menularkan rabies adalah anjing. Anjing yang terkena rabies memiliki gejala gelisah, ganas, sering menggigit, panas, cemas, keluar air ludah, dan kejang-kejang apabila diberi minum. Rabies dapat dicegah dan diobati dengan vaksinasi.
Demikianlah artikel sederhana mengenai Penyakit pada sistem saraf, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. [pustakasekolah.com]


Terima kasih untuk berkenan membaca isi blog ini, semoga dapat memberikan manfaat yang berarti bagi perkembangan dunia pendidikan kita. Atas segala kekurangannya saya menyampaikan permohonan maaf dan berkenan kiranya untuk meninggalkan komentar atas isi artikel ini. Salam Hormat untuk semuanya
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger