Yusuf Blog News :
Home » » Cuaca Ekstrim, Harga Lada Perkasa

Cuaca Ekstrim, Harga Lada Perkasa

Written By INSPIRASI on Wednesday, July 6, 2011 | 9:05 AM

Harga lada di sejumlah daerah di Indonesia masih menunjukkan keperkasaaannya. Demikian terungkap dalam rilis “Analisis Perkembangan Harga”, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti)Rabu (6/7/2011).
Disebutkan, kenaikan harga Lada terjadi akibat pengaruh cuaca di Kabupaten Lampung Barat.

Dampak cuaca ekstrim yang terjadi membuat tanaman Lada petani mengalami penurunan panen hingga 60 persen. Harga Lada kering di Kabupaten Lampung Barat mencapai Rp 29.000 perkilogram di bandingkan beberapa pekan lalu mencapai Rp 24.000 perkilogram.
Data menunjukkan, luas lahan tanaman Lada di Kabupaten Lampung Barat mencapai 11.796.7 Hektar, dengan hasil Lada mencapai 3.723 ton lebih pertahun.

Bapppebti menyebutkan permintaan Lada kering semakin meningkat bila mendekati Bulan Ramadhan, kenaikan tersebut telah dipersiapkan oleh agen dengan menyimpang stok Lada kering di gudang.
Pasokan Lada dari Lampung Barat didistribusikan ke sejumlah daerah dia ntaranya, Bandarlampung, Jakarta, dan sebagian di Pulau Jawa, dengan rata rata pengiriman mencapai limaton per hari.

Sementara itu, pada penutupan perdagangan di NCDEX (National Commodity and Derivatives Exchange) harga Lada berjangka mengalami penurunan. Harga Lada berjangka untuk penyerahan Juli 2011 ditutup pada level harga INR27.142 per ton dari harga sebelumnya INR27.241 per ton.

Penurunan harga Lada dunia dipengaruhi akan bertambahnya pasokan Lada asal Brasil. Selama Januari-Mei 2011, ekspor Lada dari India 8.700 ton senilai USD 2160000000meningkat dari tahun lalu sebesar 6.920 mt senilai USD 1,14 miliar pada periode yang sama tahun lalu, yang menunjukkan peningkatan 26% dalam volume dan 90% dalam nilai.


======================================
Terima kasih untuk berkenan membaca isi blog ini, semoga dapat memberikan manfaat yang berarti bagi perkembangan dunia pendidikan kita. Atas segala kekurangannya saya menyampaikan permohonan maaf dan berkenan kiranya untuk meninggalkan komentar atas isi artikel ini. Salam Hormat untuk semuanya
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger