Yusuf Blog News :
Home » , » Tips Sehat Menyimpan Bahan Makanan

Tips Sehat Menyimpan Bahan Makanan

Written By INSPIRASI on Wednesday, July 6, 2011 | 9:02 AM

Kadang kita tidak terlalu memperhatikan cara menyimpan bahan makanan di kulkas dengan benar. Padahal, hal ini penting untuk mencegah datangnya penyakit lewat makanan yang Anda makan sehari-hari.
Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan dalam menyimpan bahan makanan di almari es (kulkas) dengan benar:
  1. Pisahkan makanan yang harus dimasak dulu sebelum dimakan dari bahan makanan yang bisa langsung dimakan (misalnya, ayam, daging, dan ikan dengan buah-buahan serta bahan makanan lainnya).
  2. Segera simpan makanan mentah dan makanan sisa ke dalam kulkas minimal dalam waktu 2 jam, untuk mencegah tumbuhnya bakteri.
  3. Bagi-bagilah sisa makanan yang ingin Anda simpan dalam beberapa porsi kecil agar cepat dingin di dalam kulkas.
  4. Sebisa mungkin, jangan biarkan kulkas terlalu penuh. Udara yang sejuk harus tetap bersirkulasi dengan baik agar makanan tetap dingin.
  5. Bungkuslah ikan di kertas aluminium atau wadah tertutup sebelum disimpan di lemari es. Anda bisa menyimpannya hingga 2 hari agar terjaga kualitasnya.
  6. Anda bisa menyimpan ayam hingga 2 hari, dan daging segar selama 3 hari di dalam kulkas.
  7. Jika Anda tidak langsung mengolah daging, ikan atau ayam, Anda bisa menyimpannya di lemari pembeku agar kualitasnya tetap terjaga.


======================================

Terima kasih untuk berkenan membaca isi blog ini, semoga dapat memberikan manfaat yang berarti bagi perkembangan dunia pendidikan kita. Atas segala kekurangannya saya menyampaikan permohonan maaf dan berkenan kiranya untuk meninggalkan komentar atas isi artikel ini. Salam Hormat untuk semuanya
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger