Yusuf Blog News :
Home » » Teknik Search Engine Optimization

Teknik Search Engine Optimization

Written By INSPIRASI on Tuesday, July 5, 2011 | 8:42 PM

Apa Itu Search Engine Optimization?

search engine optimizationSearch engine optimization atau yang juga dikenal dengan SEO adalah teknik yang digunakan untuk meningkatkan traffic pengunjung ke website anda melalui search engine dengan memanfaatkan algoritma dan mekanisme kerja dari search engine tersebut. Tujuan utama dari SEO adalah untuk menempatkan sebuah situs di posisi teratas dari hasil pencarian search engine, atau paling tidak di halaman pertama pada pencarian dengan keyword tertentu. Secara logika, situs yang tertera di urutan teratas pada sebuah pencarian akan mendapatkan pengunjung yang lebih banyak ketimbang situs yang terdapat di halaman kesekian dalam search engine.

Bagaimana Cara Mengoptimalkan SEO?

Banyak cara yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan situs anda agar terindex dengan baik di mesin pencari dengan menggunakan SEO. Pada dasarnya, SEO memanfaatkan algoritma atau cara berfikir search engine untuk mengindex website dan memutuskan situs mana yang ditaruh di peringkat yang lebih tinggi. Karena SEO bersifat dinamis atau sering berubah, maka anda sangat disarankan memiliki pola pikir seperti search engine. Beberapa faktor yang dapat membuat website anda terindex lebih baik diantaranya adalah:
1.  Content yang bermutu
Konten merupakan hal yang utama dalam search engine optimization. Usahakan konten anda bukan merupakan hasil copas alias copy paste dari website lain. Search engine tidak menyukai double article dalam databasenya. Jadi sebisa mungkin, editlah dahulu hasil copas anda agar terlihat berbeda dimata search engine. Disarankan pula membuat konten yang banyak dicari oleh pengunjung. Misalnya saja, percuma bila website anda berada di posisi teratas untuk keyword "panci bolong", sedangkan yang banyak dicari oleh pengunjung adalah "panci gosong". Karena itu, usahakan menebak topik yang dicari pembaca.
Penulisan judul juga merupakan faktor yang berpengaruh dalam SEO. Pastikan judul yang anda buat relevan dengan isi artikel yang anda tulis. Juga pastikan judul anda merupakan susunan kata terbaik yang dapat menarik pengunjung. Sebagai contoh, artikel dengan judul "Free Joomla Template for You" dengan "Free Joomla Template - Best Joomla Premium Template". Bila anda pengunjungnya, mana yang akan anda pilih? Tentu yang kedua bukan? Usahakan judul artikel anda terlihat lebih meyakinkan daripada artikel lain yang menjadi saingan anda. Ingat, konten yang bermutu akan membuat pengujung merasa nyaman dan kembali lagi ke website anda.
2.  Layout dan desain
Coba buka website anda dan renungkan sejenak. Jika anda merupakan visitor di website itu, apa yang akan anda lakukan? Menelusuri isinya dan terus membaca? Atau langsung menutup jendela browser karena tidak nyaman? Hal ini juga dirasakan oleh crawler search engine. Buatlah desain semenarik dan senyaman mungkin.
Untuk sub judul, gunakan heading <h1> Judul </h1>, <h2> subjudul </h2> dan seterusnya. Search engine akan menganggap heading sebagai topik yang penting, berurutan dari <h1>, <h2> dan seterusnya. Gunakan juga format Bolddan Italic karena search engine juga akan menganggapnya sebagai sesuatu yang penting. Penggunaan format seperti ini, selain memudahkan pengindexan, juga memudahkan pengunjung mencari informasi yang ia butuhkan. Pengunjung pasti tidak akan membaca semua text di website anda terlebih dahulu, melainkan men-scanning informasi yang dia cari. Bila informasi yang dia butuhkan ada di halaman tersebut, maka ia baru akan membacanya.
3.  Perbanyak Backlink
Apa itu backlink? Backlink adalah sebuah link atau teks yang berada di situs lain atau situs kita sendiri yang jika kita klik maka akan menuju ke suatu halaman lainnya dan ini disebut backlink untuk halaman yang dituju tersebut. Backlink merupakan salah satu faktor yang paling berpengaruh dalam SEO. Dengan banyaknya backlink dari website lain yang menuju ke website anda, maka search engine akan menganggap website anda sebagai website yang penting dan akan dtampilkan di urutan teratas pencarian.
Baklink yang harus anda gunakan juga haruslah yang bermutu. Usahakan anda membangun backlink dari dari website atau blog yang ber-pagerank tinggi. Semakin tinggi pagerank blog/website yang menyediakan backlink ke website anda, maka semakin besar kesempatan website anda tampil di urutan teratas. Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk membangun backlink seperti membarikan komentar anda di blog yang berpagerank tinggi dan menyertakan link ke website anda di komentar tersebut. Kemudian menggunakan signature di forum besar, sampai membeli backlink di blog/website besar.
4.  Perhatikan description dan meta tag
Setiap halaman website harus memiliki description dan meta tag yang relevan dengan kontennya. Description dan meta tag dapat mempermudah search engine dalam melakukan pengindexan. Description dan meta tag yang baik cukup berpengaruh dalam SEO meskipun tidak terlalu signifikan. Pastikan anda tidak mengosongkan bagian ini.
5.  Optimisasi Gambar
Optimalkanlah gambar anda agar dapat diindex di mesin pencari. Tambahkan tag "alt" dan isi description gambar dengan kata-kata yang relevan dengan artikel yang anda buat. Gambar anda juga dapat mendatagkan traffic ke website anda melalui mesin pencari gambar misalnya.
6.  Gunakan Search Engine Friendly URL
Bagaimana alamat website anda ketika anda mebukanya? Sudah enak dipandang kah? URL yang baik adalah URL yang mudah dimengerti, tidak hanya untuk mesin robot search engine tapi juga untuk manusia yang merupakan target pengunjung anda. Bila anda sebagai pengunjung, mana yang lebih enak anda lihat, "http://www.situsanda.nyet/index.php?option=com_content&view=category&layout=blog&id=46&Itemid=203" atau "http://www.situsanda.nyet/kategori/teknik-seo/seo-untuk-pemula.html". Pasti anda lebih memilih yang kedua bukan? Begitu juga dengan search engine. Semakin URL anda mudah dimengerti, semakin baik predikat website anda dimata search engine.
7.  Kecepatan load website
Kalau yang satu ini mungkin agak sulit diterapkan dan hanya berlaku di Google. Seiringan dengan diluncurkannya algoritma baru mesin pencari google yang dinamakan Google Ceffein, maka para web developer juga harus mempertimbangkan kecepatan load websitenya. Banyak cara yang dapat dilakukan agar website anda dapat di load lebih cepat, diantaranya adalah mengoptimisasi CSS dan javascript, mengurangi penggunaan gambar atau mengkompres gambar sehingga lebih cepat diload, mengunakan cache, dll.
Itulah sebagian teknik SEO yang dapat anda lakukan untuk mendongkrak posisi website anda di pencarian search engine. Bila anda memiliki teknik lain, jangan ragu untuk berbagi disini melalui komentar. Ingat, perbanyak backlink melalui komentar di website lain. Semoga sukses, dan selamat mencoba!


=================================

Terima kasih untuk berkenan membaca isi blog ini, semoga dapat memberikan manfaat yang berarti bagi perkembangan dunia pendidikan kita. Atas segala kekurangannya saya menyampaikan permohonan maaf dan berkenan kiranya untuk meninggalkan komentar atas isi artikel ini. Salam Hormat untuk semuanya
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger