Yusuf Blog News :
Home » » Rahasia Hidup Hemat ala Nenek

Rahasia Hidup Hemat ala Nenek

Written By INSPIRASI on Monday, August 1, 2011 | 1:50 AM

SIFAT cerewet dan hemat memang identik dengan sosok seorang nenek. Padahal bila ditilik-tilik tak ada yang salah dengan sifat tersebut. Justru kita bisa menjadikannnya sebagai acuan untuk bisa hidup lebih hemat. Berikut beberapa strategi keuangan yang terilhami dari kebiasaan para nenek yang dapat dicontoh: 

1. Berkebun 
Coba pikirkan lima jenis sayuran yang paling banyak Anda makan dan coba untuk menanamnya di kebun sendiri. Misalkan saja tomat, kacang, selada, dan cabai. Anda tidak memerlukan halaman yang besar, sebuah wadah juga bisa menumbuhkan sayuran itu dengan baik. Pelajari atau tanya tetanggga Anda tentang cara menumbuhkan sayuran dengan baik. Dengan begitu, Anda kan mendapatkan makanan yang tak hanya segar dan sehat tapi juga membuat anggaran belanja Anda berkurang. 

2. Jangan menghamburkan uang 
Menghibur diri sendiri tidak berarti harus menghabiskan biaya banyak. Cobalah cara kreatif yang tidak mengharuskan Anda mengeluarkan biaya banyak utnuk bersenang-senang. Misalkan menonton DVD bersama-sama dengan popcorn. Meski sederhana, akan jauh menyenangkan menghabiskan waktu tergelak dan mengobrol bersama-sama dalam suasana santai ketimbang harus berjalan-jalan ke mal. 

3. Kaji kembali arti 'liburan' 
Bagi nenek dan kakek kita, berlibur tak harus pergi ke luar negeri atau luar kota. Selama masa kanak-kanak, kebanyakan dari mereka tentu akan merasa senang berlibur hanya dengan mengunjungi kerabat. Walau tamapak simpel, pikirkan tentang hal itu. Apakah Anda memiliki teman atau kerabat yang jarang Anda temui? Pergi dan kunjungilah mereka! 

4. Lakukan segalanya sendiri 
Semakin banyak yang Anda lakukan sendiri semakin sedikit Anda harus membayar orang lain. Mulailah dengan memotong rumput Anda sendiri, membersihkan rumah Anda sendiri. Bila memungkinkan coba yang lebih sulit seperti meng-upgrade komputer dan ganti keran. Ini tentu akan sangat menghemat pengeluaran Anda. 

5. Revitalisasi 
Dari pada membeli furniture atau perlengkapan baru, coba perbarui saja yang sudah ada. Revitalisasi furniture dengan lapisan cat baru. Kunjungi toko cat dengan diskon menarik. Nilai tambah dari hal ini, Anda mungkin menemukan hidup ini lebih sederhana, lebih kuno, tapi sebenarnya lebih menyenangkan juga. 


Terima kasih untuk berkenan membaca isi blog ini, semoga dapat memberikan manfaat yang berarti bagi perkembangan dunia pendidikan kita. Atas segala kekurangannya saya menyampaikan permohonan maaf dan berkenan kiranya untuk meninggalkan komentar atas isi artikel ini. Salam Hormat untuk semuanya
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger