Yusuf Blog News :
Home » » Robot NASA Kirim Foto Pegunungan Mars

Robot NASA Kirim Foto Pegunungan Mars

Written By INSPIRASI on Sunday, August 19, 2012 | 1:24 AM


Setelah berhasil mendarat di Mars, robot milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Curiosity Rover, mulai menjalankan misinya, yakni mengirimkan foto keadaan Mars.

Sama halnya dengan film fiksi ilmiah, saat mendarat, Curiosity melewati sejumlah manufer menegangkan untuk menembus atmosfer Mars. Robot seukuran mobil ini sempat mengalami guncangan ketika masuk atmosfer Mars dengan kecepatan 21.000 kilometer per jam.

Ketika itu, wahana ulang alik yang berisi Curiosity ini pun segera mengeluarkan parasut untuk memperlambat laju hingga 320 km per jam. Upaya perlambatan laju pendaratan terus dilakukan dengan menembakkan roket yang berisi Cuirosity, hingga akhirnya enam roda robot ini berhasil menyentuh permukaan Mars.

“Pendaratan terkonfirmasi. Tiba selamat di Mars,” demikian pernyataan konfirmasi dari ruang pengendali misi, seperti dikutip dari Space.com, Rabu (8/8).

Begitu konfirmasi disampaikan, sontak kegembiraan terasa di ruang pengendali misi yang berada di Jet Propulsion Laboratory milik NASA di Pasadena, AS. NASA pun kemudian mengunggah foto itu ke akun Twitter Jet Propulsion Laboratory milik NASA, di @NASAJPL.

Beberapa jam kemudian, rover ini mengirimkan foto berwarna yang menggambarkan pegunungan yang membentang tinggi di salah satu kawah misterius yang ada di Mars. Gunung itu mereka namakan Gunung Sharp yang membentang setinggi 5 kilometer dari pusat Kawah Gale.

Wakil Ketua Ilmuwan Misi Mars di Laboratorium JPL NASA, Joy Crisp mengatakan foto tersebut diambil dengan resolusi penuh, dari salah satu Hazard Avoidance Camera atau Hazcams di rover. Menurutnya, gunung ini lebih tinggi dari gunung yang ada di 48 negara bagian AS. “Ini lebih tinggi dari gunung yang ada di 48 negara bagian AS. Jadi ini cukup spektakuler. Apa yang ditangkap mata Anda adalah pasir gelap sepanjang bagian dasar Gunung Sharp,” katanya. 


Terima kasih untuk berkenan membaca isi blog ini, semoga dapat memberikan manfaat yang berarti bagi perkembangan dunia pendidikan kita. Atas segala kekurangannya saya menyampaikan permohonan maaf dan berkenan kiranya untuk meninggalkan komentar atas isi artikel ini. Salam Hormat untuk semuanya
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger