Yusuf Blog News :
Home » » Timphan, Hidangan Lebaran Khas Aceh

Timphan, Hidangan Lebaran Khas Aceh

Written By INSPIRASI on Friday, August 17, 2012 | 8:27 PM


Timphan adalah hidangan khas Aceh disaat Lebaran, baik itu hari raya Idul Fitri maupun Idul Adha. Timphan adalah menu hidangan utama buat tamu yang berkunjung ke rumah saat Lebaran.

Timphan biasanya dibuat 1 atau 2 hari sebelum lebaran dan daya tahannya bisa mencapai lebih kurang seminggu. Timphan adalah salah satu makanan tradisional rakyat Aceh yang dibuat dari buah pisang.

Biasanya pisang diremas-remas dengan tangan dalam tepung ketan hingga menjadi adonan lalu di masukkan bahan pengisi yang manis-manis, seperti selai serikaya, kelapa, nangka, dan sebagainya, sebelum dibungkus kembali dengan daun pisang lalu di kukus hingga matang.

Bagi orang Aceh baik yang berada di Aceh sampai seluruh dunia tidak ada yang tidak mengenal dengan kue yang satu ini. Karena memang sudah menjadi tradisi turun temurun dan rahasia umum di Aceh bahwa Thimpan makanan wajib saat Lebaran.

Penasaran ingin coba sendiri, ini dia resepnya: 

Bahan:
- 200 gr tepung ketan
- 2 sdm santan kental
- 1 sdm air kapur sirih
- 1/4 sdt garam
- 250 gr pisang raja dihaluskan
- Daun pisang muda

Isi :
- 2 butir telur ayam
- 50 ml santan kental
- 100 gr gula pasir
- 25 gr nangka masak cincang kecil
- 1/2 sdt tepung terigu
- 1 lembar daun pandan
- 50 gr kelapa muda parut halus
- 1/4 sdt vanili

Cara membuat :
1. Aduk tepung ketan dan pisang yang sudah dihaluskan serta santan, air kapur, dan garam hingga tercampur rata. Adonan ini digunakan untuk kulit.

2. Ambil daun pisang olesi dengan minyak lalu tipiskan adonan kulit, beri adonan isi kemudian digulung, dibungkus seperti lontong kecil, kukus hingga matang selama + 10 menit.

3. Buat adonan isi: Kocok telur dan gula hingga kental dengan mixer, masukkan tepung terigu dan santan, aduk rata, tambahkan nangka dan kelapa muda, beri daun pandan, masak sampai kental, angkat, beri vanili, aduk rata. Setelah matang dinginkan dan gunakan sebagai isi timphan.

(Berbagai sumber)


Terima kasih untuk berkenan membaca isi blog ini, semoga dapat memberikan manfaat yang berarti bagi perkembangan dunia pendidikan kita. Atas segala kekurangannya saya menyampaikan permohonan maaf dan berkenan kiranya untuk meninggalkan komentar atas isi artikel ini. Salam Hormat untuk semuanya
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger