Yusuf Blog News :
Home » , » 7 Kebutuhan Psikologis

7 Kebutuhan Psikologis

Written By INSPIRASI on Tuesday, November 22, 2011 | 6:54 PM

Orang hidup senantiasa memiliki kebutuhan. Terlepas apa jenis kebutuhannya, bisa kebutuhan sandang, pangan, atau papan. Untuk meraihnya pun, anda harus berikhtiar (usaha).

Pada umumnya kebutuhan psikologis ini berhubungan dengan fungsi-fungsi pengenalan, ingatan, daya khayal dan berpikir. Kebutuhan psikologis ini pun berbeda antara anda dan teman anda, baik secara kualitas maupun kuantitas.

1. Kebutuhan akan kasih sayang.

Semua orang termasuk anda, sangat membutuhkan kasih sayang dari keluarga dan orang dari luar keluarga. bentuk kasih sayang yang diberikan ortu, misalnya memberikan perhatian, menanyakan kesulitan ataupun masalah yang sedang kita hadapi. Orang yang kurang mendapatkan kasih sayan akan sering mengeluh, hidup anda tidak bergairah dan semangat belajar andapun menurun.

2. Kebutuhan akan keikutsertaan dan diterima dalam kelompok.

Sesuai dengan perkembangan hidup anda, anda akan merasa ingin berkumpul dan rasa itu menjadi sesuatu yang suka. Akhirnya, anda mempunyai keinginan untuk mengikutkan diri dan diterima dalam suatu kelompok.

3. Kebutuhan untuk berdiri sendiri (mandiri).

4. Kebutuhan untuk dihargai.

Anda tentuk mendambakan penghargaan, baik dari segi pribadi maupun prestasi. penghargaan kepada diri atau hasil yang telah dicapai merupakan faktor pendorong sehingga selanjutnya anda cenderung berbuat baik.

5. Kebutuhan untuk berprestasi.

Sebagaimana kebanyakan remaja seusia anda, yang senantiasa ingin mencapai prestasi, baik itu prestasi dalam bidang akademis maupun keterampilan (hobi).

6. Kebutuhan akan pengakuan dari orang lain.

Anda adalah orang yang senantiasa ingin diakui eksistensinya (keberadaannya) oleh ortu, guru, atau kelompok anda.

7. Kebutuhan memperoleh falsafah hidup yang utuh.

Agar perjalanan hidup anda baik dan terarah, anda perlu mempunyai falsafah atau pedoman hidup. Falsafah hidup merupakan petunjuk, apa yang harus dilakukan dan apa yang mesti dihindari.



Terima kasih untuk berkenan membaca isi blog ini, semoga dapat memberikan manfaat yang berarti bagi perkembangan dunia pendidikan kita. Atas segala kekurangannya saya menyampaikan permohonan maaf dan berkenan kiranya untuk meninggalkan komentar atas isi artikel ini. Salam Hormat untuk semuanya
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger