Yusuf Blog News :
Home » , » Inovasi Mahasiswa UNY : Permen "Perjaka"

Inovasi Mahasiswa UNY : Permen "Perjaka"

Written By INSPIRASI on Sunday, November 13, 2011 | 11:49 PM

Permen adalah panganan kegemaran anak-anak yang terbuat dari gula dan sedikit protein. Bayangkan jika bahan baku pembuat permen adalah daging ikan? Bagaimana ya rasanya?

Ya, di tangan Nuky Hanggara dan Erfin Dwi Priana, daging ikan kakap bisa disulap menjadi permen kaya protein. Bahkan, kedua mahasiswa pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini juga memberikan nama unik bagi produk mereka, yakni Perjaka.

Menurut Nungky, pemilihan ikan kakap sebagai bahan baku Perjaka berdasarkan berbagai pertimbangan. Kandungan protein yang tinggi serta baunya yang tidak terlalu amis, menjadi salah satu alasan utama.

"Namun tetap digunakan nanas sebagai campuran untuk menghilangkan bau amis ikan. Kalau ikan laut lain, seperti Salmon, harganya mahal dan saat dimasak baunya semakin amis," ujar Nungky yang merupakan alumni jurusan Tata Boga UNY seperti dilansir dari situs UNY, Kamis (10/11/2011).

Selain ikan, lanjutnya, rumput laut juga menjadi bahan baku dalam pembuatan Perjaka. Perbandingan bahan-bahan baku tersebut yakni 20 persen daging ikan kakap, 50 persen rumput laut, dan 30 persen sisanya terdiri dari gelatin, nanas, perasa alami, gula, serta air.

Bahkan tidak hanya mengandung protein, Perjaka juga kaya akan vitamin. Hal ini dibuktikan dengan variasi rasa Perjaka yaitu sawi, strawberi dan bit, wortel, cokelat, serta kopi.

"Perjaka sangat baik untuk anak-anak, karena memiliki kandungan gizi yang lengkap dan membantu anak-anak yang kesulitan mengonsumsi ikan," katanya menjelaskan.

Cara pembuatan permen sehat ini juga terbilang mudah. Semua bahan baku dihaluskan menggunakan blender kemudian dipanaskan dan ditambahkan gula. Selanjutnya, tuangkan gelatin yang telah dipanaskan dengan air. Aduk rata dan cetak.

Hasil karya dua sekawan ini berhasil meraih juara empat dalam lomba Inovasi Pengembangan Produk Perikanan kategori mahasiswa. Perlombaan yang dihelat belum lama ini di Jakarta merupakan besutan Kementerian Kelautan dan Perikanan.(kampus.okezone.com)


Terima kasih untuk berkenan membaca isi blog ini, semoga dapat memberikan manfaat yang berarti bagi perkembangan dunia pendidikan kita. Atas segala kekurangannya saya menyampaikan permohonan maaf dan berkenan kiranya untuk meninggalkan komentar atas isi artikel ini. Salam Hormat untuk semuanya
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger