Yusuf Blog News :
Home » » UGM Dapat Bantuan Software Senilai USD 4 Juta

UGM Dapat Bantuan Software Senilai USD 4 Juta

Written By INSPIRASI on Sunday, November 13, 2011 | 11:36 PM

Universitas Gadjah Mada (UGM) mendapatkan bantuan software senilai USD4 juta dari Schlumberger Geophysics Nusantara. Perangkat lunak ini merupakan teknologi terbaru dan digunakan di industri seluruh perusahaan geologi dan geofisika dunia.

Chairman PT Schlumberger Geophysics Nusantara, Ahmad Subarkah Yuniarto, mengatakan software ini adalah peralatan buatan perusahaan yang berdiri sejak 1927 tersebut. Peralatan software ini berkaitan dengan technical geosains yang digunakan untuk ilmu geologi dan geofisika.

Perangkat lunak tersebut biasa digunakan untuk menginterpretasi data-data reservoir minyak dan gas. "Ini adalah teknologi terbaru ciptaan kami dan digunakan di seluruh industri minyak dan gas di dunia," ujar Ahmad seperti dilansir dari laman UGM, Minggu (13/11/2011).

Dia menuturkan, bantuan tersebut diberikan dengan harapan dapat membantu proses mengajar para dosen di kelas. Selain itu, mahasiswa UGM diharapkan bisa mengoperasionalkan peralatan tersebut sehingga terbiasa menggunakan teknologi terbaru ketika terjun di dunia kerja.

"Tahun ini, perusahaannya hanya memberikan bantuan software kepada UGM. Sebelumnya, bantuan serupa pernah diberikan kepada Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Trisakti, dan UPN Yogyakarta. Kami mendukung dunia pendidikan dan sains dengan teknologi terbaru dan yang paling pas adalah universitas yang memiliki fakultas geologi dan geofisika," bebernya.

Sementara itu, Rektor UGM, Sudjarwadi mengatakan, pihaknya selama ini telah menjalin beragam kerja sama dengan perusahaan tersebut. Namun baru kali ini dibuat nota kesepahaman. Dengan penandatanganan MoU diharapkan menjadi era baru kerja sama selanjutnya.

"MoU ini akan jadi payung hukum bagi kerja sama selanjutnya," tutur Sudjarwadi.

Terkait dengan bantuan software senilai USD4 juta, rencananya akan dimanfaatkan untuk membuka jalan bagi peneliti dan mahasiswa dalam menemukan cara-cara baru dalam mengelola sumber daya yang dimiliki.

Pihaknya menginginkan pemanfaatan teknologi dapat digunakan untuk mengembangkan industri gas di pedesaan dengan kapasitas kecil. Diharapkan hal tersebut dapat menambah nilai ekonomi dan menyejahterakan masyarakat.

"Bila bisa dikembangkan dalam skala kecil, kami berharap masyarakat di pedesaan tidak perlu ke kota karena nilai ekonominya sudah tinggi," imbuhnya. 

sumber : kampus.okezone.com


Terima kasih untuk berkenan membaca isi blog ini, semoga dapat memberikan manfaat yang berarti bagi perkembangan dunia pendidikan kita. Atas segala kekurangannya saya menyampaikan permohonan maaf dan berkenan kiranya untuk meninggalkan komentar atas isi artikel ini. Salam Hormat untuk semuanya
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INSPIRASI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger